Home Kesehatan ISPU 74,27 PM, Kualitas Udara Batanghari Berangsur Membaik

ISPU 74,27 PM, Kualitas Udara Batanghari Berangsur Membaik

Batanghari, Gatra.com - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Batanghari, Jambi mencatat Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) daerah itu dalam beberapa hari terakhir mulai berangsur membaik.

"ISPU Batanghari saat ini mulai membaik, hasil pengujian Laboratorium DLH terakhir tanggal 25-26 Sepetember 2019, angka ISPU berada di angka 74,27 PM," kata Kepala UPTD Laboratorium DLH Kabupaten Batanghari, Meirinna dikonfirmasi Gatra.com, Senin (30/9).

Uji ISPU rutin dilakukan Laboratorium DLH Batanghari tiga hari sekali pada pukul 15.00 WIB. Pengujian ISPU dilakukan dengan metode High Volume Air Sample (HVAS). Lokasi pengujian lapangan terbuka depan Laboratorium DLH Kabupaten Batanghari.

"Kalau untuk perbandingan hasil pengujian kita sebelumnya cukup signifikan. Hasil pengujian sebelumnya tertanggal 23 September 2019, masih berada 176 dengan kategori tidak sehat atau di bawah baku mutu," ujarnya.

Membaiknya kualitas udara dalam wilayah Kabupaten Batanghari tidak terlepas akibat guyuran hujan yang terjadi di sejumlah titik Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) beberapa pekan terakhir.

"Kita minta agar masyarakat tidak lagi melakukan pembakaran lahan karena itu akan berdampak bagi dirinya sendiri dan masyarakat luas pada umumnya. Dan juga tetap menjaga kesehatan hingga kondisi kembali stabil," ucapnya.

210