Home Internasional Longsor di Tambang Emas, 16 Orang Ditemukan Tewas

Longsor di Tambang Emas, 16 Orang Ditemukan Tewas

Goma, Gatra.com - Longsor di sekitar kawasan pertambangan emas di Republik Demokratik Kongo Timur pada Rabu (2/10) mengakibatkan 16 petambang ditemukan tewas akibat peristiwa tersebut. "Ada kecelakaan di tambang Kampene, dan untuk saat ini kami menemukan 16 mayat dari lokasi tanah longsor," kata Gubernur Provinsi Maniema, Auguy Musafiri seperti dikutip Reuters, Kamis (3/10).

 

Kawasan pertambangan itu sebetulnya telah ditutup oleh tambang provinsi. Musafiri mengaku terkejut ketika mengetahui bahwa kegiatan tambang ternyata masih terus dilakukan. Sekitar 20 orang sedang mengerjakan pelapisan emas pada saat peristiwa itu terjadi. Seorang aktivis, Stéphane Kamundala mengatakan bahwa kemungkinan ada lebih banyak lagi mayat yang akan ditemukan.

Setidaknya 43 penambang ilegal meninggal pada Juni dalam tanah longsor di tambang tembaga dan kobalt yang dijalankan oleh Glencore di Kongo Selatan. Peristiwa seperti ini menyoroti bahaya yang dijalankan  penambang informal dengan menggali puluhan meter di bawah tanah menggunakan alat-alat yang tidak memadai.

219