Home Politik Gubernur Sumut Galang Rp 2,1 Miliar Dana Untuk Wamena

Gubernur Sumut Galang Rp 2,1 Miliar Dana Untuk Wamena

Medan, Gatra.com – Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menggalang dana sebesar Rp 2,1 miliar untuk membantu warga Sumut yang menjadi korban kerusuhan di Wamena. Dana tersebut bersumber dari sejumlah tokoh daerah di Sumut yang hadir dalam acara galang dana di Kantor Gubernur Sumut, Kamis (3/10).

Acara yang digagas Edy Rahmayadi tersebut bertajuk Sumut Peduli Wamena. Acara itu digagas Edy sebagai bentuk keprihatinan atas peristiwa di Wamenan dan bentuk kepedulian terhadap masyarakat Sumut yang ada di Wamena yang juga menjadi korban.

Baca Juga: Konflik Wamena Berdampak Luas, ACT Buka Krisis Center

“Alhamdulillah hari ini terkumpul Rp2,1 miliar (tepatnya Rp2.101.132.000) dan masih ada tiga hari lagi sebelum tim kita berangkat ke sana. Jadi, bila masih ada yang mau menyumbang lagi silahkan hubungi kami,” katanya.

Dana sumbangan tersebut, nantinya akan dibawa ke Papua oleh Tim Peduli Papua yang dibentuk Pemprov Sumut. Selanjutnya dimanfaatkan untuk membantu warga Sumut korban kerusuhan di Wamena, Papua. Bantuan yang berikan disesuaikan dengan kabutuhan masyarakat yang ada di sana.

Baca Juga: Korban Selamat Rusuh Wamena Tidak Yakin Pelakunya OPM

“Dana ini akan kita berikan kepada pengungsi sesuai kebutuhan mereka, misalnya makanan, kain, obat-obatan, susu, atau mungkin memperbaiki rumah mereka, yang pasti harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat asal Sumut yang ada di sana,” terangnya.

Dana ini diperkirakan akan terus bertambah hingga tiga hari ke depan, sebelum keberangkatan Tim Peduli Wamena ke Papua. “Saya berteri makasih kepada masyarakat, organisasi, perusahaan yang menyumbang. Harapan saya tentu ini akan terus bertambah,” ucap Edy.

Reporter: Baringin Lumban Gaol

262