Home Politik Kondisi Udara Enam Provinsi Alami Perbaikan

Kondisi Udara Enam Provinsi Alami Perbaikan

Jakarta, Gatra.com - Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait kualitas udara di enam provinsi lokasi kebakaran hutan, kondisi lahan mulai membaik kecuali di Kalimantan Tengah.

"Berdasarkan pantauan dari BMKG, dilaporkan bahwa kualitas udara di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur hingga Kamis (3/10) lalu berada di angka 50-150 atau kategori sedang. Sementara Kalimantan Tengah berada di angka 155 atau tidak sehat," ucap Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Raffles Panjaitan mengatakan, dalam konferensi pers di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Jumat (4/10).

Raffles mengatakan, membaiknya kualitas udara di enam provinsi disebabkan mulai turunnya hujan sehingga kabut asap karhutla menjadi berkurang. Namun, ada beberapa wilayah yang belum mengalami musim hujan dan masih dilakukan pemadaman oleh satgas karhutla dan Manggala Agni Daops Kapuas.

Dari segi penerbangan, Raffles menyampaikan saat ini dalam kondisi normal. Hingga hari ini, Jumat (4/10), jarak pandang penerbangan mencapai 10 kilometer dan tujuh bandara di Sumatera dan Kalimantan dinyatakan normal. 

"Kondisi bandara Kuala Namu (Sumatera), Sultan Sayrif Kasim II (Pekanbaru), Sultan Mahmud Badarudin (Palembang), Tjilik Riwut (Palangkaraya), Syamsudin Noor (Banjarmasin), Supadio (Pontianak), Tanjung Harapan (Kaltara) sudah normal dan penerbangan berjalan lancar," pungkasnya.

68