Home Politik OTT KPK, NasDem Lampung Segera Ganti Bupati Lampung Utara

OTT KPK, NasDem Lampung Segera Ganti Bupati Lampung Utara

Bandar Lampung, Gatra.com - Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara terjerat Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Minggu malam (6/10). Terkait hal tersebut, DPW Partai NasDem Lampung telah mengusulkan penggantian jabatan ketua DPD Partai NasDem Lampung Utara yang sebelumnya dijabat oleh Agung.

“DPW telah mengusulkan nama Imam Suhada ke DPP yang akan menggantikan Agung selaku ketua DPD NasDem Lampung Utara " ungkap Ketua DPP NasDem, Taufik Basari kepada wartawan di Bandar Lampung, Senin (7/10).

Taufik juga membenarkan Agung telah menyampaikan pengunduran diri dari partai NasDem.

Baca Juga: KPK OTT Bupati Lampung Utara

Sementara itu calon pengganti Agung yakni Imam Suhada adalah kader Partai NasDem dengan jabatan Koordinator Pemenangan Daerah Lampung Utara – Bappilu DPW Partai NasDem Provinsi Lampung.

Taufik juga mengimbau kepada seluruh kader Partai NasDem yang menjabat kepala daerah agar tetap menjunjung tinggi kepemimpinan yang bersih, jujur, dan transparan. “Kami ingatkan selalu kepada Kepala Daerah lainya agar tidak bertindak korupsi. Aturan partai NasDem sangat jelas, jika terkait masalah korupsi, harus siap dipecat atau mengundurkan diri," tegasnya.

Sebelumnya, Bupati Lampung Utara telah terjaring OTT KPK pada Minggu malam. Penangkapan tersebut diduga terkait proyek di Pemkab Lampung Utara. Hingga kini petugas KPK juga telah mengamankan 7 orang yang akan segera diproses di Jakarta dan uang berjumlah Rp600 juta.

Baca Juga: Bupati Lampung Terkena OTT, Sistem Pemerintah Tetap Berjalan

Agung lahir 17 Agustus 1982 di Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Lampung. Dia merupakan Putra dari Tamanuri mantan Bupati Way Kanan. Agung adalah lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jatinangor, Jawa Barat. Sebelumnya ia pernah menjadi Camat Tanjung Senang, Kota Bandar Lampung, serta Sekretaris Lurah di Blambangan Umpu, Kabupaten Way kanan, Lampung.

Agung telah menjabat Bupati Lampung Utara sebanyak dua periode, yakni pada 2014-2019 dan periode 2019-2024. Ia juga menjabat Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem Lampung Utara.

180