Home Teknologi LIPI Kembangkan Olahan Pangan Pencegahan Stunting

LIPI Kembangkan Olahan Pangan Pencegahan Stunting

Serpong, Gatra.com - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berhasil mengembangkan produk pangan fungsional untuk memenuhi kebutuhan gizi. Hal ini menjadi penting dikarenakan tumbuh kembang anak menjadi elemen penting dalam penyiapan sumber daya manusia unggul yang mendukung pembangunan Indonesia. 

Hal ini didorong oleh karena masih tingginya prevalensi stunting di Indonesia. Hal tersebut dinilai bukan perkara mudah untuk diselesaikan. Perlu upaya perbaikan yang bertujuan untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara langsung (intervensi gizi spesifik). Selain itu, ada upaya untuk mencegah dan mengurangi gangguan secara tidak langsung.

Diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Penelitian Kimia LIPI, Raden Arthur Ario Lelono, salah satu cara untuk mencegah stunting adalah dengan memperbaiki sistem imun atau kekebalan tubuh dalam tubuh anak. Caranya yakni dengan mengonsumsi pangan fungsional yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Susi: Satu dari Tiga Anak Indonesia Katai dan Ber-IQ Rendah

"Pangan tersebut beragam dan mengandung berbagai vitamin dan mineral. Potensi pangan di Indonesia sangat kaya dan melimpah, bisa berasal dari pertanian, perkebunan, peternakan, dan kelautan," kata Arthur saat hadir di Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Kamis (10/10).

Salah satu pangan yang berfungsi sebagai senyawa alami untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah Caulerpa lentilifera atau rumput laut hijau. Pangan ini dapat dimakan sebagai lalapan. Kini sudah dibudidayakan di Indonesia, salah satunya di Takalar, Sulawesi Selatan.

"Kami mengembangkan rumput laut ini menjadi produk biskuit yang berfungsi sebagai penguat sistem imun. Kami bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Farmasi dan Kementerian Kelautan dan Perikanan," jelas Arthur.

Baca Juga: Puskesmas Sempu Buat Aplikasi Intervensi Dini Stunting

Asupan gizi yang optimal juga dapat dilakukan untuk pencegahan stunting. Salah satu nutrisi yang penting adalah asam folat yang merupakan vitamin penting untuk tumbuh kembang bayi semasa dalam kandungan dan anak-anak. 

LIPI telah melakukan formulasi dan identifikasi asam folat dari campuran nikstamal jagung, bayam, dan brokoli terfermentasi, juga tempe kedelai dan kacang hijau. Formulasi tersebut dapat diaplikasikan pada pembuatan pangan fungsional berupa biskuit, bubur, dan sup bayi dengan variasi jenis dan konsentrasi fortifikan yang berbeda dalam formulasi produk makanan pendamping ASI.

 

398