Home Politik Demo Petani Dekat Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Lalin

Demo Petani Dekat Istana, Polisi Siapkan Pengalihan Lalin

Jakarta, Gatra.com - Masyarakat dari kalangan buruh tani dari berbagai daerah akan mengadakan aksi unjuk rasa yang sedianya dilalukan di kawasan sekitar Istana Negara, Jakarta Pusat. Polisi telah menyiapkan pengamanan untuk kegiatan tersebut.

"Ada sekitar 5 ribu personel yang kita libatkan untuk pengaman," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (10/10).

Argo memperkirakan aksi unjuk rasa akan dihadiri oleh ribuan orang peserta. Mereka datang dari berbagai daerah di Jawa ke Jakarta. "Untuk ini ada sekitar dua ribu buruh tani dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat yang datang ke Jakarta," ujar Argo.

Baca Juga: Kementan: Urusan Pangan Harus Radikal, Ini Jawaban Mahasiswa

Dia tidak menyebut secara detail soal tuntutan yang ingin disampaikan oleh para peserta aski unjuk rasa. Dikatakan bahwa mereka ingin mengelola lahan hutan. "Petani ini ingin mengelola lahan hutan itu aja. Nanti semuanya tergantung pemerintah," imbuhnya.

Selain menyiapkan personil keamanan, kepolisian juga mengantisipasi aksi unjuk rasa ini dengan memberlakukan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir mengatakan karena ada demo tersebut jalan menuju ke arah Istana Merdeka tidak bisa diakses oleh pengendara untuk sementara waktu.

Baca Juga: Banyak Mafia Cabai di Sumut

"Dari Jalan Hayam Wuruk dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda. Jadi tidak bisa mengarah ke Istana Negara," ucap Nasir saat dikonfirmasi, Kamis (10/10).

Nasir melanjutkan bahwa setidaknya ada tiga ruas jalan yang akan ditutup selama aksi unjuk rasa ini berlangsung. Ketiga jalan itu adalah Jalan Majapahit, Jalan Merdeka Utara, dan Jalan Merdeka Barat.

Adapun jalan yang diberlakukan oleh kepolisian lalu lintas selama pengamanan aksi unjuk rasa antara lain:

Baca Juga: Dua Petani di Rohil Disambar Petir

1. Dari Jalan Hayam Wuruk dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda.

2. Dari Jalan Veteran lurus ke Jalan Suripranoto dan ke Jalan Hayam Wuruk.

3. Dari Jalan Merdeka Timur lurus ke Lapangan Banteng.

4. Dari Jalan MH Thamrin belok kiri ke Jalan Kebagusan atau ke Jalan Merdeka Selatan.

74