Home Politik Respon Positif Pada BPDLH, KPBB: Tetap Ada Catatan

Respon Positif Pada BPDLH, KPBB: Tetap Ada Catatan

Jakarta, Gatra.com - Direktur Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB), Ahmad Safrudin merespon positif terkait launching Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) pada Rabu (9/10) lalu. Namun, katanya, catatan tersebut harus dikelola dan ditangani dengan baik.

"Saya merespon positif BPDLH ini, tetapi dengan catatan. Tujuannya agar BPDLH dapat dikelola dengan baik dan berdampak pada pemulihan lingkungan," katanya saat ditemui di kantor KPBB, Jakarta Pusat, Jumat (11/10).

Menurutnya, BPDLH harus digunakan secara merata di seluruh provinsi Indonesia, sehingga tidak ada diskriminasi. "Maksudnya, tidak ada satu daerah yang diprioritaskan karena hal tersebut menjadi kekhawatiran. Misalnya, hanya Jakarta dan kota tertentu yang dipulihkan. Sementara yang tidak populer, dibiarkan begitu saja," tuturnya. 

Ia mengatakan, BPDLH jangan hanya dimanfaatkan untuk kementerian atau lembaga saja. Sedangkan entitas sosial atau lembaga masyarakat tidak terakomodir. Padahal, manfaatnya untuk memulihkan lingkungan. 

Sementara itu, dana yang dikelola BPDLH sebesar Rp800 triliun. Menurutnya nominal tersebut masih sepertiganya saja karena melihat estimasi potensi kerusakan lingkungan akibat pencemaran lingkungan, lubang tambang, dan pengikisan hutan, senilai Rp2,4 triliun per tahun. Nilai ini belum termasuk dampak perubahan iklim. Nominal tersebut tidak sebesar biaya eksternalitas atau biaya upaya pemulihan. 

196