Home Gaya Hidup 'Indonesia Eco Film Festival Pertama' di Indonesia

'Indonesia Eco Film Festival Pertama' di Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Berangkat dari permasalahan lingkungan hidup yang terjadi di Jakarta dan wilayah Indonesia lainnya, Livelife menyelenggarakan "Indonesia Eco Film Festival" (IDEFF) pertama di Indonesia sejak 14 Oktober lalu di GoFood Festival Setiabudi, Jakarta.

Menurut Director Indonesia Eco Film Festival, Michael Arief Gunawan, ada 4 tema utama yang diangkat dalam IDEFF seperti dampak masalah lingkungan seperti tenggelamnya Jakarta, masalah sustainability oleh konsumsi berlebihan dan pemborosan sumber daya alam, pengelolaan sampah termasuk plastik dan pembuangan sampah sembarangan, dan alam serta flora fauna termasuk konservasi dan keanekaragaman hayati.

“Kami berharap dengan festival ini masyarakat Indonesia, terutama Jakarta akan lebih memahami mengenai masalah lingkungan hidup baik di Jakarta dan sekitarnya," kata Michael dalam diskusi media penyelenggaraan IDEFF di GoFood Festival Setiabudi, Jakarta, Kamis (17/10).

Terdapat sekitar 13 film yang akan ditayangkan selama IDEFF berlangsung, di antaranya adalah film dokumenter "Menata Pipa Air Jakarta" yang menjadi salah satu sebab tenggelamnya Jakarta, beserta "Cerdik Kelola Plastik", dan "Pulau Plastik".

Setelah pemutaran film, juga akan dilaksanakan diskusi terkait film tersebut agar masyarakat lebih teredukasi tentang masalah-masalah lingkungan hidup terutama di Jakarta.

"Dalam pemutaran film IDEFF kami berharap ini tidak hanya menjadi pengetahuan, tetapi juga memberikan inspirasi bagi mereka dan bagaimana mereka dapat berkontribusi dalam kehidupan sehari-hari untuk mengatasi masalah ini bersama. Film adalah media interaktif yang dapat membuka wawasan kita mengenai banyak hal. Semoga festival ini dapat dilanjutkan setiap tahun dan juga membawa wawasan beserta interaksi dan inspirasi untuk kita semua," katanya.

Reporter : JJH

333