Home Milenial Boyong Lima Emas, Kafilah MTQ UNP Pertahankan Juara Umum

Boyong Lima Emas, Kafilah MTQ UNP Pertahankan Juara Umum

Padang, Gatra.com - Kafilah Universitas Negeri Padang (UNP), kembali berhasil mempertahankan gelar juara umum pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Mahasiswa se-Sumatra Barat (Sumbar), yang diadakan oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang.
 
Pernyataan itu disampaikan ketua rombongan kafilah UNP, Engkizar, bahwa tahun ini kafilah UNP kembali menjadi juara umum seperti tahun 2018. Dengan diperkuat 9 peserta untuk tiga cabang dan lima kategori lomba, yakni Musabaqah Syahril Quran (MSQ), Musabaqah Tartil Quran (TQ), dan Khatil Quran (KQ).
 
"Alhamdulillah, berkat kerja keras peserta, doa, dan dukungan, kafilah kita meraih lima medali. Satu medali emas, tiga perak, dan satu perunggu, dengan total 15 poin dan tertinggi dari perguruan tinggi lain," kata Engkizar, Jumat (18/10) di Padang.
 
Ia merinci, medali emas Tartil Putra diraih Muhammad Azwar Husni (Pendidikan Geografi), medali perak Tartil Putri oleh Rahmi Hanifa (PGSD), Khat Kontemporer Putri oleh Merly Swadita (Seni Rupa), Khat Dekorasi Putri diraih, Revi Indriyani (Fisika). Selanjutnya, medali perunggu Khat Kontemporer Putra oleh Fajriatul Ihsan (Pendidikan IPA).
 
Engkizar menyebutkan, ada 15 perguruan tinggi yang terlibat dalam MTQ Tingkat Mahasiswa se-Sumbar ini. Diantaranya, UIN Imam Bonjol Padang, IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi, STKIP PGRI Sumbar, STAI-PIQ Sumbar, UNP, Unand, dan beberapa perguruan tinggi lainnya yang ada di Sumbar.
 
"Iven-iven MTQ seperti ini, menambah pengalaman bagi mahasiswa. Selain ajang silaturahmi bagi qori dan qoriah, juga untuk memotivasi untuk lomba tingkat nasional," ungkap Engkizar.
234