Home Olahraga Kejurda Petanque Piala Gubsu 2019 Milik Sergai

Kejurda Petanque Piala Gubsu 2019 Milik Sergai

Medan, Gatra.com - Kontingen Serdang Bedagai (Sergai) tampil sebagai juara umum di Kejuaraan Daerah Petanque Junior dan Senior Piala Gubernur Sumatera Utara 2019 di Lapangan STOK Bina Guna Jalan Alumunium Raya, Medan, yang berakhir Sabtu (19/10) malam.

Raihan 5 medali emas, 2 perak dan 3 perunggu, membuat Sergai mendominasi ajang tersebut. Medali emas diraih kontingen Sergai dari nomor single putri junior, Fitri Wirda Ningsih.

Baca Juga: Ronaldo Cetak Gol ke-701 Lawan Bologna

Single putra junior, Fa'id Aqdas dan shooting putra junior, M Khairul Rianto. Fa'id dan Khairul kembali persembahkan emas dari nomor double putra junior. Nomor tripple junior putra, atas atlet Elang/Rian/M Rizki juga berhasil raih emas.

Kontingen Asahan amankan posisi kedua, setelah kantongi 3 emas, 2 perak dan 6 perunggu. Tanjung Balai dirangking ketiga atas koleksi 2 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Disusul Langkat yang harus puas diposisi keempat setelah hanya kantongi 2 emas, 1 perak dan 2 perunggu.

Baca Juga: Solskjaer Yakin MU Raih Gelar Dalam Waktu Dekat

Deli Serdang lengkapi rangking lima besar atas pencapaian 2 emas dan 7 perunggu.

Kejuaraan yang diikuti 147 atlet dari 13 pengkot/pengcab Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) se-Sumut ini pun berakhir dan ditutup Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian, SH, MSi diwakili Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga (PPO) Dispora Sumut, Josua Sinurat.

Dalam sambutannya Josua mengatakan, jangka panjang harus disiapkan menatap PON 2024 mendatang dengan Sumut dan Aceh tuan rumah bersama.

Baca Juga: Meski Juventus Menang, Maurizio Sarri Kesal

"Kepada juara jangan puas diri, tugas kedepan sangat panjang. Empat tahun lagi Sumut bersama Aceh menjadi tuan rumah PON 2024. Dalam rangka itu, prestasi cabor harus ditingkatkan," tuturnya.

Katanya, Sumut harus tunjukkan prestasi olahraga yang bermartabat dihadapan provinsi lain. Pesta olahraga itu, masing-masing Sumut dan Aceh akan mempertandingkan 28 cabor. Salah satunya petanque digelar di Sumut.

Baca Juga: Kejurnas IV Hapkido, Jateng Target Empat Emas

"Para atlet petanque di PON 2024 harus berjaya. Karena cabor petanque digelar di Sumut. Ada 8 medali emas yang diperebutkan, minimal 5 emas kita raih," jelas Josua.

Sedangkan Ketua Umum Pengprov FOPI Sumut, dr Hj Liliana Puspa Sari, SPd, MKes menyampaikan, terima kasih atas dukungan Dispora Sumut yang memberikan dukungan penuh pada kejuaraan ini.

"Terima kasih kepada Dispora Sumut. Kegiatan seperti insyaallah akan rutin digelar untuk mendapatkan bibit atlet, karena diperlukan pembibitan atlet dari junior untuk hadapi PON 2024 mendatang," pungkasnya.

Reporter: Iskandar

369