Home Kebencanaan KLHK : Mungkin Ada Peningkatan Karhutla Pada 2020

KLHK : Mungkin Ada Peningkatan Karhutla Pada 2020

Jakarta, Gatra.com - Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles Panjaitan memungkinkan akan terjadinya peningkatan kebakaran hutan dan lahan pada 2020 terkait pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Oleh karenanya, perlu ada peran pemerintah daerah untuk mengatur masyarakatnya.
 
"Bisa jadi. Makanya disini peran pemda untuk mengajak masyarakat dan mengaturnya agar jangan sampai pilkada dimanfaatkan oleh beberapa pihak tertentu untuk mencari dukungan," jelasnya di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Senin (21/10).
 
Menurutnya pemda harus membangun masyarakat masyarakat agar lebih baik. Hal yang perlu dilakukan adalah perubahan perilaku masyarakat karena, katanya, pada dasarnya semua manusia baik, tetapi karena banyak masukan sehingga pemikiran juga berubah.
 
"Manusia itu hanya rambutnya saja yang berwarna hitam tetapi pikirannya pasti berbeda-beda dan memiliki kepentingan masing-masing. Oleh karena itu, perlu sosialisasi dari pemda kepada masyarakat tentang karhutla dan juga tidak dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk melakukan pembakaran lahan," jelasnya.
 
Sementara itu, mengenai adanya hewan yang terkena dampak karhutla, Raffles menyatakan ada orang utan di Kalimantan Selatan. Tetapi, lanjutnya, hewan tersebut tidak perlu dilakukan evakuasi atau diungsikan.
269