Home Milenial Kemendikbud: Bahasa di Indonesia Ada 718 Ragam

Kemendikbud: Bahasa di Indonesia Ada 718 Ragam

Jakarta, Gatra.com - Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) resmi merilis bahasa daerah yang dimiliki Indonesia per Oktober 2019. 

Kepala Badan Bahasa dan Perbukuan, Dadang Sunendar mengatakan Badan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud, saat ini Indonesia memiliki 718 bahasa hingga Oktober tahun 2018 lalu.

"Sampai bulan Oktober ini ada penambahan jumlah bahasa di Indonesia. Tahun lalu Oktober, jumlah bahasa 668. Sekarang menjadi 718 bahasa daerah. Ini yang harus diinformasikan ke masyarakat," kata Dadang di Gedung Kemendikbud, Jakarta, Jumat (25/10).

Jumlah tersebut kata Dadang tidak termasuk dialek, sementara bahasa persebaran total 746.

"Ini tidak termasuk dialek atau gaya bahasa, tapi bahasa saja. Jadi tahun ini bertambah 50 total bahasa," kata Dadang.

Dadang mengungkapkan penambahan terbanyak terjadi di Indonesia bagian timur. Provinsi Papua mengalami penambahan dua puluh enam bahasa, penambahan ini menjadi paling banyak. Papua Barat bertambah sebanyak tujuh bahasa. 

Selain itu ada penambahan di Provinsi Maluku delapan bahasa dan Maluku Utara bertambah satu bahasa. Untuk Provinsi Sulawesi Barat bertambah sebanyak empat, Nusa Tenggara Timur (NTT) bertambah sebanyak tiga bahasa, dan Kalimantan Utara sebanyak satu bahasa.

"Secara terperinci, saat ini peta bahasa di Indonesia untuk wilayah Sumatra ada 26 Bahasa, Jawa-Bali ada 10 bahasa, Kalimantan ada 58 bahasa, Sulawesi 62 bahasa, NTB ada 11 Bahasa, NTT ada 72 Bahasa, Maluku 79 Bahasa, dan Papua 428 bahasa," katanya.

2189

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR