Home Kebencanaan Status Darurat Karhutla di Sejumlah Wilayah Sudah Selesai

Status Darurat Karhutla di Sejumlah Wilayah Sudah Selesai

Jakarta, Gatra.com - Sejumlah wilayah di Indonesia dengan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai berangsur selesai. Bahkan wilayah Riau, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan sudah dinyatakan selesai.

 

 

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Agus Wibowo mengatakan, untuk wilayah Jambi dan Sulawesi Selatan status siaga daruratnya akan selesai pada 10 November, sedangkan Kalimantan Barat selesai 31 Desember mendatang.

 

 

"Memang di beberapa hari lalu di pulau Jawa juga sempat ada kebakaran hutan ya. Di Jawa Tengah, Jawa Timur dan sebagian daerah di wilayah Nusa Tenggara Barat," terangnya saat konferensi pers terkait mitigasi kebencanaan di kantor BNPB, Jakarta Timur, Kamis (31/10).

 

 

Namun, lanjutnya, hutan-hutan di wilayah Jawa dan Nusa Tenggara Barat yang terbakar itu sudah berusaha dipadamkan. Proses pemadamannya pun tidak sulit seperti di Sumatera dan Kalimantan, karena tidak ada gambut jadi tidak merembet juga.

 

 

Cuaca panas juga sebentar lagi akan berakhir. Diketahui, awal musim hujan mulai terjadi di awal November antara lain Aceh, Sumatera (Utara, Barat dan Selatan), Riau. Sementara, pulau Jawa secara keseluruhan akan hujan di pertengahan November.

 

 

Reporter: Ryan Sara Pratiwi

125