Home Teknologi Kata.ai Gelar INTERACT 2019 dan Kompetisi KataHack 2019

Kata.ai Gelar INTERACT 2019 dan Kompetisi KataHack 2019

Jakarta, Gatra.com - Kata.ai kembali menggelar INTERACT 2019, dengan memperkenalkan inovasi terbaru dan perkembangan serta manfaat dari teknologi conversational AI yang berfokus pada percakapan dan bahasa manusia, sebagai kemudahan berinteraksi antara komputer dengan manusia di Hallf Patiunus, Jakarta Selatan, Selasa (5/11).

"Berawal dari teknologi yang mengembangkan chatbot, kami ingin teknologi kami sebagai pendukung untuk para pelaku bisnis agar memudahkan dalam berbagai tantangan yang mereka hadapi. Ke depannya yang akan menjadi fokus kami adalah industri pelayanan kesehatan, jasa keuangan, pendidikan, dan social commerce," ujar CEO dan Co-Founder Kata.ai, Irzan Raditya.

Untuk mewujudkannya, Kata.ai ?sudah bekerja sama dengan berbagai industri pendidikan seperti Universitas Atma Jaya. Kemudian, bekerja sama dengan penyedia jasa keuangan seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Pegadaian, dan lainnya. Selain itu, Kata.ai juga bekerja sama dengan social commerce seperti Telkomsel, Tree, Indosat, dan lainnya.

Selain itu, dalam rangkaian acara INTERACT 2019 ini, ?Kata.ai juga menyelenggarakan kompetisi KataHack 2019. Kompetisi ini digagas untuk melatih para pelaku bisnis muda agar berpikir kritis, kreatif, dan semangat dalam memecahkan masalah dengan memanfaatkan teknologi AI. Para pelaku bisnis muda ini ditantang untuk berkreasi dengan menggunakan platform dan tools yang disediakan Kata.ai untuk memecahkan permasalahan bisnis mereka.

Kompetisi KataHack 2019 ini dimulai pada 14 Oktober, diikuti 200 peserta pelaku bisnis dalam 84 Tim dari seluruh Indonesia. Setelah dilakukan penjurian, keluarlah lima tim terbaik sebagai finalis yaitu Patricia (Personal Payment Assistant); Snowball (Krave); EasyFishy (AdBoard); Elea (Elea Bot); dan A4 (Oti Parenting Bot).

Patricia adalah chatbot yang dapat membantu banyak orang dalam mengatur urusan financial dan menjadwalkan pembayaran tagihan dalam chat apps.

Sementara Snowball dengan nama chatbot KRAVE, merupakan chatbot yang dapat membantu seseorang dalam merencanakan liburan yang sesuai dengan budget. Chatbot Krave juga memberikan rekomendasi hotel, transportasi, makanan, dan pengingat nilai budget traveller yang tersisa.

Untuk EasyFishy, mengusung AdBoard atau papan iklan interaktif dengan menggunakan metode text-to-speech. Sementara Elea, adalah chatbot yang bisa menjadi tempat curhat dalam menghadapi hal-hal kejiwaan seperti gelisah serta membantu memberikan solusi dan semangat. Adapun A4, adalah Chatbot yang dapat membantu para orang tua dalam mengontrol percakapan anak dengan menggunakan otomatisasi chatbot dalam grup chat.

KataHack 2019 ini dimenangkan oleh Elea, kemudian disusul oleh Snowball (Krave) sebagai juara kedua, dan EasyFishy sebagai juara ketiga. Sementara itu, A4 dan Patricia sebagai juara harapan 1 dan 2.

Reporter: JJH

172

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR