Home Gaya Hidup DPMPTSP DKI Tanamkan Minta Izin sejak Dini Melaui Dongeng

DPMPTSP DKI Tanamkan Minta Izin sejak Dini Melaui Dongeng

Jakarta, Gatra.com - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta menggelar kegiatan "Mal Pelayanan Publik Mendongeng" bertajuk "Sebuah Pesan Cerita: Urus Izin Sendiri Itu Mudah". Kegiatan ini diharapkan bisa menanamkan nilai moral kepada anak-anak, terutama tentang pentingnya meminta izin.

"Tujuan kami menyelenggarakan mal pelayanan publik mendongeng ini adalah untuk mengampanyekan bahwa ngurus izin sendiri itu mudah," kata Kepala Bidang Pengaduan dan Komunikasi Masyarakat DPMPTSP DKI Jakarta, Maryanta, di Gedung Mal Pelayanan Publik, Jakarta Selatan, Senin (18/11).

Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan mampu menanamkan nilai moral dan etika bagi anak-anak agar lebih memiliki tata krama dan sopan santun dengan orang tua maupun guru. Meminta izin adalah salah satu contohnya.

"Kepada peserta didik harapan kami untuk bisa selain pembelajaran mendongeng itu, etika bagaimana bertata krama, sopan santun kepada orang tua, kepada guru bisa dimunculkan sehingga menjadi kepribadian yang mulia. Karena nanti ketika saya pensiun pasti anak-anak seperti ini yang akan menjadi penerus negeri ini," tuturnya.

Pendiri Kampung Dongeng Indonesia yang juga hadir sebagai pendongeng dalam acara ini, Mochammad Awam Prakoso, menyampaikan, izin bagian dari adab merupakan salah satu perilaku yang mesti ditanamkan sejak usia dini. Dan dongeng menjadi salah satu medium untuk menanamkan perilaku tersebut.

"Kegiatan penanaman nilai-nilai karakter salah satunya adalah perizinan atau minta izin. Minta izin meminjam, minta izin mau menggunakan sesuatu, minta izin mau lewat. Jadi dari usia dini sudah kita tekankan agar anak-anak itu sudah terekam seperti itu," ucapnya.

Dalam acara itu, Awam membawakan dongeng berjudul "Aku Suka Minta Izin". Dengan melakukan improvisasi cerita, ia menyampaikan pentingnya meminta izin di hadapan anak-anak.

"Di sini tentu saja anak-anak sudah terekam bahwa mengurus izin mudah khususnya di DKI, itu sangat mudah sekali dan tidak perlu mengeluarkan uang untuk pengurusan, itu perlu diedukasi ke anak-anak" ujarnya.

Acara "Mal Pelayanan Publik Mendongeng" dihadiri oleh siswa tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) wilayah kelurahan Manggarai Selatan, Jakarta Selatan dan Petojo Utara, Jakarta Pusat. Kegiatan "Mal Pelayanan Publik Mendongeng" ini sudah kedua kalinya dihelat. Sebelumnya, pernah digelar pada April lalu.

Reporter: ARH

199