Home Ekonomi Mentan Lepas Ekspor Komiditi Jateng Bernilai Miliaran Rupiah

Mentan Lepas Ekspor Komiditi Jateng Bernilai Miliaran Rupiah

SemarangGatra.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, melepas 283 Ton komiditi ekspor asal Jawa Tengah dengan nilai ekonomi Rp35 miliar ke berbagai negara di dunia.
 
Beberapa hasil pertanian yang di ekspor ialah Porang, Edamame, Sarang Burung Walet, Wasabi, Ubi Jalar Beku, Cengkeh kopi, biji pinang, ekstrak kapuk, dan lain sebagainya. 
 
"Hari ini Jawa Tengah mengekspor produk komoditi asal Jawa Tengah, ke beberapa negara di dunia seperti Belanda, Tiongkok, Jepang, Amerika Serikat dan Iran," kata Syahrul saat melepas ekspor hasil pertanian Jateng tersebut di Pelabuhan Tanjung Emas Kota Semarang, Selasa (19/11).
 
Syahrul mengatakan, kegiatan ekspor kali  ini merupakan bagian dari memaksimalkan program gerakan tiga kali ekspor  di Indonesia.
 
"Banyak sekali potensi ekspor hasil pertanian yang harus digenjot. Sebab, Indonesia memiliki komoditas pertanian yang mampu bersaing di skala internasional. Dan, hari ini Jawa Tengah telah membuktikan hal tersebut," kata Syahrul.
 
Dalam kesempatan tersebut, mantan Gubernur Sulawesi Selatan tersebut, juga mengajak seluruh pihak untuk turut berperan dalam mensukseskan kegiatan tiga kali ekspor Indonesia.
 
"Semuanya harus ikut serta, dari masyarakat, pengusaha, pemerintah, karena gerakan ini membutuhkan kerja keras, semangat, dan kebersamaan dari semua pihak. Jawa Tengah sudah, daerah lain saya harapkan  juga bisa mengikuti," ujarnya.
126