Home Ekonomi PMD Pastikan Tak Ada Desa Fiktif di Sumbar

PMD Pastikan Tak Ada Desa Fiktif di Sumbar

Padang, Gatra.com- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) menjamin tidak ada desa fiktif yang muncul sebagai penerima dana desa (DD).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat, Syafrizal Ucok mengatakan, sejak Sumbar menerima DD pada 2015, tidak ditemukan adanya desa fiktif.

"Setelah munculnya isu desa fiktif, kami langsung mendata dan mengumpulkan informasi. Dari 802 nagari [distrik] dan 126 desa yang menerima DD, kami pastikan tidak ada desa fiktif di Sumbar," ujar Syafrizal Ucok kepada Gatra di Padang, Senin (19/11).

Dikatakannya, 928 desa dan distrik yang menerima DD telah memiliki nomor registrasi yang telah terdaftar di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara itu, besaran dana desa untuk Sumbar terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Tahun ini Sumbar mendapat kucuran dana desa sebesar Rp998 miliar. Angka ini meningkat tajam dibandingkan 2018 yang hanya sebesar Rp705 miliar, dengan besaran yang diterima di setiap desa yang berbeda.

"Untuk pemanfaatan setiap kabupaten/kota bervariasi, ada yang masih fokus untuk infrastruktur, ada yang sudah memanfaatkan untuk pemberdayaan masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa/Nagari (Bumdes/Bumnag).

"Tiga tahun terakhir (2016-2018), dana desa masih difokuskan untuk perbaikan infrastruktur, seperti jalan poros desa, irigasi, dan lainnya. Namun kami terus mendorong Pemdes untuk mulai mengalokasikan DD untuk pemberdayaan, kesejahteraan masyarakat dan menciptakan desa mandiri," ujarnya. 

511