Home Kesehatan Wah, Konsumsi Sup Mampu Tangkal Penyakit Malaria

Wah, Konsumsi Sup Mampu Tangkal Penyakit Malaria

London, Gatra.com - Para peneliti Inggris menemukan bahwa kaldu tradisional dapat mencegah pertumbuhan parasit malaria mematikan Plasmodium falciparum. Dengan demikian, mengonsumsi sup dapat menjadi solusi untuk menangkal penyakit malaria, sebagaimana dilansir dari Medical Daily.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa malaria menjangkiti 87 negara pada 2017. Pada tahun yang sama, sebanyak 219 juta orang terinfeksi dan 435.000 kematian dikaitkan dengan penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi parasit tersebut.

WHO memperkirakan malaria membunuh hampir 500.000 anak setiap tahun. P. falciparum berkontribusi hingga 99 persen dari semua kematian akibat malaria.

Baca Juga: Maluku Targetkan Eliminasi Malaria 0%

Studi baru tersebut diterbitkan di Archives of Disease in Childhood. Peneliti di Imperial College London meminta anak-anak untuk membawa resep sup keluarga mereka ke sekolah. Kaldu sup yang dikumpulkan berasal dari seluruh dunia, termasuk Eropa, Afrika Utara, dan Timur Tengah.

Resep sup tersebut berkisar dari vegetarian, ayam, hingga sapi. Peneliti menganalisis sampel beragam sup tersebur untuk memgecek aktivitasnya melawan parasit malaria. Mereka menemukan bahwa resep sup tradisional bekerja melawan P. falciparum dengan mengurangi pertumbuhannya atau mencegahnya menjadi matang.

Lima jenis sup mampu menghentikan pertumbuhan parasit pada tahap yang menyebabkan penyakit lebih dari 50 persen. Dua sampel bahkan mencegah malaria sama efektifnya dengan obat antimalaria semacam dihydroartemisinin.

Baca Juga: Perubahan Iklim Mengancam Manusia, 250 Ribu Tewas per Tahun

Satu set kaldu tampaknya efektif untuk memblokir kemampuan P. falciparum menjadi matang hingga lebih dari 50 persen. Ini mencegah parasit mencapai bentuk yang menginfeksi nyamuk.

"Malaria membunuh lebih dari 400.000 orang per tahun dan menginfeksi lebih dari 200 juta. Namun resistensi terhadap obat-obatan terus muncul. Kita mungkin harus melihat di luar rak kimia untuk obat-obatan baru. Solusi alami tidak boleh keluar dari daftar pengawasan kita," kata Ketua Peneliti dan profesor di Imperial College London, Jake Baum dalam sebuah pernyataan.

Para peneliti berencana untuk melanjutkan penelitian dan memahami bagaimana sup tradisional secara langsung bekerja melawan malaria. Mereka juga ingin menentukan bahan aktif yang menargetkan parasit P. falciparum.

 

239