Home Kebencanaan Kapal Bermuatan Sembako Terbakar di Tanjung Emas

Kapal Bermuatan Sembako Terbakar di Tanjung Emas

Semarang, Gatra.com - Sebuah kapal pengangkut bahan baku sembako mengalami kebakaran di area pelabuhan rakyat (PELRA) komplek pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis, (21/11). 

Kapal Jaya Mandiri yang tengah bersandar di tepi dermaga PELRA, sedianya akan mengangkut bahan baku sembako dan tabung LPG untuk tujuan Ketapang Kalimantan Barat itu, terlihat terbakar sekitar pukul 13.00 WIB setelah terjadi ledakan di dalam kapal.

Salah satu saksi mata, Adi Nugraha mengatakan sebelum terjadi kebakaran terjadi ledakan hebat dan asap yang tebal.

"Saya kira ada ledakan bom, sehingga banyak Anak buah kapal yang ada di dekat situ pada lari menjauh dari kapal yang terbakar" kata Adi kepada Gatra.com

Untuk memadamkan kebakaran, petugas mengerahkan sepuluh unit pemadam kebarakaran dari pelabuhan tanjung emas dan dari pemerintah kota. Tidak ketinggalan kapal pemadam Jayanegara 304 milik pelindo ikut memadamkan api yang membuat kawasan pelabuhan rakyat menjadi penuh asap.

Kapolsek KP3 Tanjung Emas AKP Samsu Wirman mengatakan, penyebab kebakaran diduga karena adanya tabung gas yang bocor sehingga menyebabkan kebakaran.

"Akibat kebakaran, tiga orang awak kapal harus dilarikan ke rumah sakit sultan agung semarang untuk perawatan karena menjadi korban kebakaran," ujarnya. 

Selain itu, 5 motor milik pegawai KSOP ikut menjadi korban karena tersambar percikan api yang menghanguskan. Kerugian dan penyebab kebakaran itu saat ini masih dalam proses penyidikan. 

477