Home Ekonomi Hubungkan Bandara Kulonprogo, 24 Perjalanan Kereta Disiapkan

Hubungkan Bandara Kulonprogo, 24 Perjalanan Kereta Disiapkan

Yogyakarta, Gatra.com – Menyambut beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta (BIY) di Kulonprogo secara penuh, Januari 2020, PT KAI Daerah Operasional 6 DIY menambah jumlah perjalanan kereta dari Stasiun Tugu Yogyakarta menuju Stasiun Wojo, Kulonprogo.

“Per 1 Desember besok, sebanyak 24 perjalanan pulang pergi dalam sehari semalam dari Stasiun Yogyakarta ke Stasiun Wojo diterapkan. Penambahan ini untuk mendukung beroperasinya BIY,” jelas Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Eko Budiyanto ke Gatra.com, Sabtu (30/11).

Menurut Eko, jadwal perjalanan ini akan disesuaikan dengan jadwal penerbangan. Dari total 24 perjalanan, sebanyak 20 perjalanan akan melayani penumpang dari dan ke Stasiun Yogyakarta - Stasiun Wojo. Sedangkan empat perjalanan dari dan ke Stasiun Yogyakarta - Stasiun Kebumen.

Eko mengatakan, perjalanan pertama dari Stasiun Yogyakarta dimulai 03.35 WIB dan tiba di Stasiun Wojo pukul 04.15 WIB. Dari Stasiun Wojo, penumpang dapat memanfaatkan akomodasi bus Damri untuk menuju ke BIY.

“Jam keberangkatan terakhir dari Stasiun Yogyakarta pukul 20.10 WIB dan tiba di Stasiun Wojo pada pukul 21.07 WIB,” jelasnya.

Penambahan jadwal perjalanan kereta ke BIY ini sesuai instruksi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat mengunjungi bandara, Stasiun Kendundang, dan Wojo pada Agustus lalu.

Sebagai upaya memberikan layanan terbaik, penumpang akan mendapat fasilitas kereta berupa USB port, televisi, dan toilet. Seluruh rangkaian kereta dilengkapi pendingin ruangan.

“Sebelumnya, memang jadwal keberangkatan kereta bandara dimulai dari Stasiun Maguwo. Tapi karena Januari nanti seluruh penerbangan di pindah ke BIY, maka keberangkatan awal kami pindah ke Stasiun Tugu,” katanya.

Dari data penumpang, sebanyak 10.000 penumpang dilayani oleh kereta khusus bandara setiap hari.

 

910