Home Kesehatan Tips Menurunkan Berat Badan Sebelum Liburan Natal

Tips Menurunkan Berat Badan Sebelum Liburan Natal

New York, Gatra.com -

Banyak orang saat Natal akan mempersiapkan waktu mereka bersama dengan keluarga dan teman-teman. Orang-orang bersiap untuk liburan dengan berbelanja makanan, hadiah dan mendekorasi tempat mereka. Namun, ada juga yang justru fokus pada diet mereka.

Masih kurang dari sebulan lagi sebelum Natal. Beberapa orang telah mencoba mengurangi berat badan, tanpa belum menemukan hasilnya meskipun telah berupaya selama berminggu-minggu.

Dilansir dari Medical Daily, Senin (2/12), ahli diet terkemuka Susie Burrell mengatakan, ada cara untuk menurunkan berat badan lebih cepat. Menurutnya, orang akan diet cepat dengan mengikuti periode ketat makan sehat untuk waktu singkat.

Burrell mencatat diet ekstrem yang mendorong puasa atau menghindari makanan tertentu untuk jangka waktu yang lama telah dikaitkan dengan sejumlah masalah. "Orang-orang mungkin mengalami penurunan tingkat metabolisme yang mungkin berdampak negatif pada tubuh, terutama orang-orang yang aktif dan sibuk," terangnya.

Ia menyarankan untuk makan buah dan sayuran segar hanya selama tiga hingga lima hari. Setelah rencana makan yang terbatas, orang harus menambahkan makanan yang mengandung protein, zat besi, seng, kalsium dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi dengan baik.

"Karena alasan ini, melakukan diet detoks selama seminggu atau kurang, saat di mana kita tidak memiliki hubungan sosial dan dapat menjaga 100% fokus pada nutrisi adalah kunci kesuksesan," kata Burrell.

Berikut ini tips-tips yang disarankan oleh Burrell untuk menurunkan berat badan sebelum natal.

1. Fokus Pada Makanan Segar dan Alami Burrell mengatakan, hanya makan makanan segar yang tidak diproses selama seminggu sebelum Natal dapat membantu detoksifikasi. Ia merekomendasikan makan hanya buah-buahan dan sayuran untuk mengurangi cairan berlebih dan memotong berat badan tanpa menghindari makan siang hari.

"Tujuan sederhana mendasarkan semua makanan kita untuk saat ini adalah buah-buahan dan sayuran segar. Asupan lainnya seperti sup, salad, tumis, smoothie dan jus akan secara serius memuat tubuh kita yang penuh vitamin, mineral dan serat, membantu menghilangkan kelebihan cairan tubuh. Kita bisa menurunkan berat badan satu atau dua kilo tanpa melewatkan makan atau minum jus saja," ujarnya.

2. Kelola Jam Makan

Selama Natal, orang makan lebih banyak dari yang seharusnya. Burrell mengatakan, satu atau dua minggu sebelum perayaan, orang harus mengatur jam makan mereka untuk menjaga atau mengurangi berat badan mereka.

"Idealnya kita membutuhkan setidaknya 10-12 jam dalam semalam tanpa makanan, namun beberapa dari kita memiliki sedikitnya 6-8 setiap hari. Hasilnya adalah kita cenderung menyimpan lebih banyak lemak daripada yang seharusnya dan jarang merasa terutama lapar, lebih suka makan ketika orang lain makan, atau ketika kita bisa," katanya.

Memiliki jarak yang lebih panjang antara setiap kali makan dapat membantu memicu hormon yang mengontrol metabolisme lemak, mengontrol asupan kalori dan mendukung penurunan berat badan. Burrell mengungkapkan, waktu terbaik untuk makan makanan terakhir adalah pukul 6 atau 7 malam setiap malam, diikuti dengan sarapan pada jam 8 atau 9 pagi.

3. Hindari Camilan

Salah satu alasan orang berjuang untuk menurunkan berat badan adalah sering ngemil. Burrell mengatakan, untuk dapat menghilangkan beberapa lemak sebelum liburan, orang harus mencoba untuk meninggalkan empat hingga lima jam di antara waktu makan untuk memulai metabolisme.

Diet harian juga harus mencakup hanya makanan seimbang. Hindari makan makanan olahan, karbohidrat tinggi di antara waktu makan, seperti kerupuk, muffin, kopi susu, biskuit, dan snack bar.

4. Minumlah Air Saja

Meminum banyak air putih setiap hari dapat membantu mengurangi konsumsi minuman yang kaya kafein atau tinggi gula. Asupan air secara teratur juga dapat membantu mengurangi asupan kalori harian.

304