Home Milenial Riau Subsidi Rp400 Ribu per Siswa SMA/SMK Swasta

Riau Subsidi Rp400 Ribu per Siswa SMA/SMK Swasta

Pekanbaru, Gatra.com --- Pemerintah Daerah (Pemda) Riau  bakal menggelontorkan dana subsidi untuk siswa-siswa yang bersekolah di SMA/SMK swasta. Nantinya, setiap murid bakal memperoleh jatah Rp400 ribu per siswa per bulan.

Gubernur Riau, Syamsuar, mengungkapkan dana subsidi tersebut merupakan cara pemerintah daerah merespon angka putus sekolah. Kata Syamsuar, banyak anak-anak gagal menamatkan studinya di sekolah lantaran faktor biaya.

"Data Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) diketahui ada 94 ribu anak tak sekolah dikarenakan persoalan biaya. Tentu dengan adanya subsidi itu jumlah anak putus sekolah dapat bekurang," urainya, Selasa (3/12).

Subsidi untuk murid-murid di sekolah swasta ini, merupakan bagian dari upaya pemerintah setempat membenahi sektor pendidikan. Sebelumnya, Syamsuar menyebut tahun 2020 seluruh biaya pendidikan untuk tingkat SMA/SMK negeri ditiadakan.

Selain untuk meredam angka putus sekolah, subsidi yang ditujukan untuk sekolah swasta menengah atas, merupakan upaya pemda meredam anggapan diskriminatif. Nantinya, sokongan dana subsidi tersebut dapat mendorong pengelolah sekolah swasta menurunkan biaya sekolah, khususnya bagi kalangan siswa kurang mampu.

 Riau saat ini mengalami sejumlah kendala di ranah pendidikan. Seperti, tingginya persentase
putus sekolah anak usia 7-17 tahun yang mencapai 44,37 persen. Data yang bersumber dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2018, itu, menempatkan Riau diurutan 3  dibawah Jambi (46, 36 persen) dan Banten (49, 63 persen).

Selain problem tersebut, masalah juga muncul dari timpangnya sebaran tenaga kependidikan antara kawasan perkotaan dan pedesaan. Disisi lain persentase kerusakan bangunan SMA/SMK yang mencapai 52,38 persen. Oleh sebab itu kebijakan Pemprov Riau menggratiskan biaya di SMA /SMK negeri dan subsidi di sekolah swasta, diharapkan dapat mengurai ragam persoalan di bidang pendidikan.

127