Home Gaya Hidup Tekan Pencemaran Lingkungan di Bali Perlu Peran Bersama

Tekan Pencemaran Lingkungan di Bali Perlu Peran Bersama

Denpasar, Gatra.com- Pengawasan bersama penting dilakukan dalam upaya mencegah terjadinya pencemaran lingkungan. Terutama pencemaran dengan limbah berbahaya ke sungai-sungai di Bali. Hal tersebut tentu akan berdampak pencemaran sampai ke hilir nantinya, itu disampaikan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Bali I Made Teja Selasa,(3/12) di Renon, Denpasar, Bali . "Dalam hal ini pengawasan secara bersama-sama sangat penting dilakukan, salah satunya oleh masyarakat sekitar," jelasnya.

 

Dia mencotohkan, misal ada sebuah pabrik, membuang limbah khususnya limbah berbahaya bagi lingkungan. Dibuang begitu saja ke sungai. Tentu masyarakat dapat menegur secara langsung. "Jika melihat, bisa langsung ditegur saja, jangan hanya diam saja," katanya.

 

Limbah berbahaya jika dibiarkan mengalir ke sungai, tentu akan berdampak terjadi pencemaran tinggi.Kualitas air di sungai-sungai akan berdampak sampai kehilir juga nantinya. "Sangat perlu dilakukan, serta tidak ada sampai melakukan tebang pilih," ucapnya. Dia menambahkan, sungai sangat penting bagi biota.

234