Home Kebencanaan Rakor Gabungan Bahas Antisipasi Karhutla 2020

Rakor Gabungan Bahas Antisipasi Karhutla 2020

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyatakan rapat koordinasi tingkat kementerian atau lembaga yang diadakan di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dilakukan dengan tujuan evaluasi tentang pelaksanaan, pengamanan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan pada 2019, serta persiapan antisipasi 2020.

"Hari ini, kami mengadakan rapat dengan beberapa menteri, Kepolisian RI, Panglima TNI, Gubernur, Kepolisian Daerah (Kapolda) dan Panglima Kodam Jaya dari seluruh Indonesia, terutama yang rawan kebakaran hutan untuk koordinasi terkait antisipasi 2020," katanya di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Jumat (6/12).

Secara umum, Mahfud bersyukur pada karhutla di 2019 dapat tertangani dengan baik, apalagi jika dibandingkan negara lain, yang juga punya masalah serupa. 

Menkopolhukam menyatakan Indonesia terhitung yang paling aman meski masih ada karhutla di beberapa wilayah pada 2019 ini. 

"Sementara tahun 2020, menurut BMKG, mudah-mudahan tidak akan terjadi perubahan iklim yang ekstrim, sehingga mudah diantisipasi. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan tadi, cukup bagus dan siap namun dengan beberapa catatan perbaikan untuk pencegahan karhutla 2020," ujarnya.

Terakhir, Menkopolhukam Mahfud meminta bantuan untuk kampanye antisipasi ke depan sementara kementerian dan lembaga akan segera melaporkannya ke Presiden, dan segera rapat khusus untuk persiapan pencegahan kebakaran hutan yang mungkin terjadi pada 2020.

66

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR