Home Ekonomi Kapal Asal Turki Tertarik Bantu Kelistrikan di Blok Masela

Kapal Asal Turki Tertarik Bantu Kelistrikan di Blok Masela

Ambon, Gatra.com- PT. Karpowership, perusahan kapal pembangkit listrik asal Turki, tertarik membantu pasokan listrik di blok gas abadi Masela, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, Karpowership tertarik bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Maluku khususnya terkait persoalan kelistrikan di blok Masela. Mereka siap mendatangkan kapal pembangkit listrik, jika dibutuhkan.

"Dia (Karpowership) mau bantu kita kerjasama dengan kita punya BUMD. Nanti kalau Marsela ke depan kalau perlu listrik," kata Murad  kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Kota Ambon, Jumat (6/12/2019).

Selain siap bekerjasama dalam masalah pasokan listrik, kata Murad, kapal pembangkit asal Turki yang akan didatangkan itu, juga bisa menampung sebanyak 1.500 pekerja.

"Mereka punya master plan. Mereka punya kelebihan-kelebihan. Mereka orang Turki udah biasa kerja-kerja begitu. Ini mereka pengen kerjasama dengan kita, dengan (PT) Maluku Energi," ungkapnya.

Menurutnya, jika kerjasama itu dapat terlaksana, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang dihasilkan dari BUMD akan bertambah.

"Apabila Masela dibangun ke depan melibatkan orang-orang Maluku, mereka bisa bantu masalah listrik dan apa segala macam. Nanti itu PAD kita bisa bertambah dari BUMD," ujarnya.

Prinsipnya, tambah mantan Kakor Brimob Polri ini, siapa saja yang ingin membantu Maluku, maka pintu akan terbuka. Apalagi saat ini banyak yang ingin membantu Provinsi Para Raja-Raja ini untuk bisa maju ke depannya.

"Tadi mereka rapat dengan Pak Sekda dengan Pak Puti (Rusdi Ambon). Mereka mau bantu Maluku ke depan agar bisa keluar dari yang selama ini kita stagnan di kemiskinan, tidak maju-maju, mudah-mudahan satu dua tahun ke depan Maluku bisa melonjak lebih jauh dari yang sekarang ini," harap Murad.

123

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR