Home Milenial Kompetisi SP4N LAPOR! 2019 Alami Peningkatan 92,5 Persen

Kompetisi SP4N LAPOR! 2019 Alami Peningkatan 92,5 Persen

Jakarta, Gatra.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan penghargaan kepada 13 pengelola pengaduan pelayanan terbaik. Penghargaan tersebut dalam rangka kompetisi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) LAPOR! 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian PANRB.

 

“Tujuan kompetisi ini untuk memotivasi penyelenggara pelayanan publik guna membangun pelayanan publik yang terintegrasi, partisipatif, dan meningkatkan manajemen pengelolaan. Terutama dalam pertukaran pengalaman dan pembelajaran dalam pengelolaan sistem pelayanan publik,” jelas Diah Natalisa selaku Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Senin (9/12) malam.

Kompetisi tersebut diselenggarakan berdasarkan keputusan Menteri PANRB No. 310/2019 tentang Penyelenggaraan Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2019. Memasuki tahun keduanya, kompetisi tersebut memperkenankan peserta yang mendaftar lebih luas.

Untuk tahun sebelumnya, peserta hanya terdiri dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah (pemda), BUMN dan BUMD. Tahun ini mengalami peningkatan yang diikuti oleh unit pelaksana pelayanan publik lainnya seperti unit pelaksana pelayanan publik di bawah instansi vertikal, kantor perwakilan, serta Perguruan Tinggi. “Total peserta tahun ini mencapai 312 instansi. Ini mengalami penignkatan 92,5 persen dari tahun lalu yang 162 instansi. Pembagiannya itu 187 dari Instansi Pemerintah Penyelenggara Pengaduan Pelayanan Publik, dan 165 dari Unit Pelaksana Pelayanan,” jelas Diah.

Proses pendaftaran telah dilaksanakan sejak 23 September - 10 November melalui laman resmi Kementerian PANRB, yang selanjutnya dilakukan proses seleksi administrasi oleh tim Sekretarian Kementerian PANRB, Kantor Staf Presiden (KSP), dan Ombudsman.

Penjurian dilakukan oleh tim juri independen yang terdiri dari Menteri PANRB periode 2011-2014 Azwar Abubakar, General Manager Media Services Berita Satu TV Adi Prasetya, dan Anggota Ombudsman RI Dadan S. Suharmawijaya.

279