Home Politik Ketua DPC PPP dan Partai Golkar Daftar Pilkada di PDIP

Ketua DPC PPP dan Partai Golkar Daftar Pilkada di PDIP

Semarang, Gatra.com - Dua orang pimpinan partai politik (parpol) diketahui mendaftar bakal calon kepala daerah pada pilkada 2019 melalui DPD PDIP Jawa Tengah (Jateng).

Mereka adalah Ketua DPC PPP Kota Solo H. M. Edy Jasmanto dan Ketua DPD II Partai Golkar Kabupaten Purbalingga Sudono.

Edy Jasmanto mendaftar sebagai bakal calon (balon) wakil wali kota Solo sedangkan Sudono mendaftar sebagai balon bupati Purbalingga dan.

“Saya sudah mendapatkan restu dari DPW PPP Jateng untuk mendaftar melalui DPD PDIP Jateng sebagai bakal calon wakil wali kota Solo,” kata Edy seusai mengambil formulir pendaftaran di Kantor DPD PDIP Jateng, Panti Marhaen Semarang, Rabu (11/12).

Menurutnya alasan maju pilkada ingin mengabdi kepada masyarakat dan membangun Solo sebagai daerah hijau dengan hutan yang berada di tengah kota

Mantan anggota DPRD Kota Solo periode 2014-2019 ini merasa optimis akan mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP pada pilkada mendatang.

“Harapan saya bisa bersanding dengan Gibran (Gibran Rakabuming Raka/putra Presiden Jokowi),” ujar Edy.

Gibran dijadwalkan bakal mengambil formulir pendaftaran sebagai balon wali kota Solo di DPD PDIP Jateng pada hari terakhir pendaftaran Kamis (12/12).

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Purbalingga Sudono diwaliki anaknya bernama Adi telah mengambil formulir pendaftaran sebagai balon bupati Purbalingga pada Selasa (10/12).

“Ayahnya mendaftar melalui DPD PDIP Jateng karena Partai Golkar Kabupaten Purbalingga tidak bisa mengusung calon sendiri melainkan harus berkoalisi dengan partai lain,” ucap dia.

Wakil Ketua DPD PDIP Joko Purnomo, menyatakan tidak masalah adanhya dua pimpinan parpol dari luar PDIP ikut mendaftar karena memang terbuka untuk umum.

Menurut dia, semua berkas pendaftaran yang masuk akan diverifikasi kemudian dilakukan fit and proper tes dan diserahkan ke DPP PDIP.

“DPP PDIP yang akan mengeluarkan rekomendasi nama calon kepala daerah yang akan diusung dalam pilkada mendatang,” ujar Joko.

315