Home Politik Sambutan 11 Detik, Nadiem: Selamat dan Terima Kasih

Sambutan 11 Detik, Nadiem: Selamat dan Terima Kasih

Jakarta, Gatra.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sekolah yang telah berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata melalui video singkat berdurasi 11 detik saja.

"Terima kasih karena telah ikut berperan aktif dalam menumbuhkan pengetahuan dan memupuk kecintaan serta kesadaran anak Indonesia akan lingkungan hidup. Selamat!," ujarnya dalam video yang diputar di Gedung Manggala Wanabhakti, Jakarta Pusat, Jumat (13/12).

Mendikbud Nadiem sebelumnya dijadwalkan hadir dalam acara penghargaan Adiwiyata di Gedung Manggala Wanabhakti hari ini. Namun, akhirnya ia diwakili oleh Sekretaris Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Sutanto.

Sebelumnya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK), Helmi Basamlah menyatakan pada 2019, terdapat 1.372 sekolah yang diusulkan Lingkungan Hidup.

Namun, selanjutnya, hanya 434 sekolah yang berhasil mendapatkan penghargaan Adiwiyata sebab telah berhasil mengimplementasikan pendidikan lingkungan hidup dalam lingkungan belajar formal.

Berdasarkan data statistik Kemendikbud, sampai 2018, jumlah tenaga pendiduk sekolah tingkat dasar dan menengah sebanyak 2.719.790 orang. Sedangkan jumlah peserta didik berjumlah 45.357.668 orang.

"Data ini menunjukkan potensi atau pengaruh generasi muda atas kualitas lingkungan di masa mendatang. Pemerintah melalui KLHK menyadari potensi tersebut dengan melakukan pembinaan sejak dini dengan Program Adiwiyata sejak 2006 sebagai implementasi dari pendidikan lingkungan hidup," ujar Menteri LHK, Siti Nurbaya Bakar.

347