Home Ekonomi Jadi Katalisator Produk UMKM, Sarinah Gandeng Pemprov Kepri

Jadi Katalisator Produk UMKM, Sarinah Gandeng Pemprov Kepri

Jakarta, Gatra.com - PT Sarinah (Persero) dan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran dan peluang pasar terhadap produk-produk unggulan Provinsi Riau agar mampu bersaing di pasar yang lebih luas lagi. Tujuannya agar memberikan kontribusi lebih terhadap pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau. 

Menurut Direktur Utama Sarinah, Gusti Ngurah Putu Sugiarta Yasa, mereka sebagai BUMN yang bergerak di bidang ritel tentunya memberikan peluang bagi para pelaku Industri Kecil dan Menengah juga UMKM dari seluruh Indonesia. 

"Dalam hal ini, PT Sarinah (Persero) dan Provinsi Kepulauan Riau bekerja sama dalam meningkatkan pemasaran atau promosi melalui produk-produk unggulan daerah, khususnya dari Provinsi Riau saat ini," ujar Gusti kepada awak media di Jakarta, Kamis (19/12). 

Kerja sama ini diharapkan juga dapat meningkatkan semangat dan etos berusaha bagi para pelaku IKM/UMKM dalam memproduksi barang secara mandiri dan berdaya saing tinggi. Terlebih, Sarinah terus melangkah maju menuju era baru, melakukan upaya perubahan, sebuah transformasi menuju pertumbuhan jangka panjang yang berkesinambungan. 

"Sarinah berkeinginan menjadi ecosystem business bagi industri kreatif Indonesia yang mengutamakan kualitas pelayanan. Selain juga dikelola oleh sumber daya manusia yang profesional, sehingga mampu mendorong kinerja perusahaan secara berkesinambungan," ia menjelaskan. 

Apalagi, dia optimis kelak Industri Kecil dan Menengah (IKM) memegang peranan yang penting dalam memajukan perekonomian. Selain sebagai salah satu alternatif lapangan kerja baru, IKM berperan dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi. "Industri Kecil dan Menengah juga memanfaatkan berbagai sumber daya alam yang berpotensial disuatu daerah yang belum diolah secara komersial," ungkapnya. 

Gusti menuturkan, pada awalnya Sarinah diharapkan dapat menjadi stimulator, mediator, dan stabilisator harga, menjadi pelopor dalam pengembangan usaha perdagangan eceran (ritel) dan dapat berpartisipasi dalam perubahan struktur perekonomian Indonesia. Seiring berjalannya waktu Sarinah selalu berbenah untuk menghadapi persaingan yang semakin kompetitif.

"Saat ini Sarinah telah melakukan diversifikasi kepada dua bisnis lain di luar core business ritel, yaitu trading dan persewaan properti," pungkasnya. 

111