Home Ekonomi Apresiasi KUR, Menko Airlangga Beri Penghargaan

Apresiasi KUR, Menko Airlangga Beri Penghargaan

Jakarta, Gatra.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penghargaan kepada penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), penjamin KUR, kepala daerah dan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) sebagai wujud apresiasi terhadap kesuksesan penyaluran KUR.

"Kami berterima kasih keada kementeran teknis, gubernur, bupati, walikota, seluruh 548 kepala daerah, tim monitoring evaluasi KUR, 33 ditjen perbendaharaan daerah, 44 penyalur KUR, dan 11 penjamin KUR," terangnya di kantornya, Jakarta, Kamis (19/12).

Airlangga menjelaskan pencapaian pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 5 persen dapat dicapai berkat kontribusi 62,9 juta unit Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memberikan kontiribusi terhadap Pertumbuhan Domestik Bruto (PDB) sebesar 60 persen dan menyerap 116 juta tenaga kerja.

Lanjutnya, hal ini tidak terlepas dari berbagai skema pembiayaan yang diluncurkan, termasuk KUR yang telah ditingkatkan dari Rp 140 Triliun pada tahun 2019 menjadi Rp 190 Triliun pada tahun 2020.

Baca jugaPemerintah Minta Perbankan Prioritaskan Penyaluran KUR

"Dalam era Presiden Jokowi dengan skema subsidi bunga taraf terendah sejak tahun 2018 sebeaar 6 persen. Kami menurunkan suku bunga KUR per Januari 2020 sebesar 6 persen," katanya.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan, Kemenko Perekonomian, Iskandar Simorangkir mengatakan penentuan pemenang penghargaan dimulai dari penilaian adminstratif yang beranggotakan pejabat dari Kemenko Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UMKM, Kementerian Dalam Negeri, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan akademisi Universitas Indonesia (UI).

"Dari 12 juta NIK baru 3 persen yang diunggah Pemda (Pemerintah Daerah). Yang menarik ternyata dari yang diunggah pemda itu 30% sudah direalisasikan bank dalam penyaluran KUR," terangnya.

Penyalur KUR Terbaik

Terbaik I : Bank Negara Indonesia

Terbaik II : Bank Rakyat Indonesia

Terbaik III : Bank Mandiri

Penjamin KUR Terbaik

Terbaik I : Perum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo)

Terbaik II : PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo) Syariah

Terbaik III : PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo)

Kanwil DJPB Terbaik

Terbaik I : Bali

Terbaik II : Maluku Utara

Terbaik III : Jawa Barat

Pemerintah Provisi Pendukung KUR

Terbaik I : Jawa Tengah

Terbaik II : Kepulauan Riau

Terbaik III : Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)

Pemerintah Kabupaten/Kota Pendukung KUR di Pulau Jawa

Terbaik I : Kota Yogyakarta, DIY

Terbaik II : Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Terbaik III : Kabupaten Kulon Progo, DIY

Pemerintah Kabupaten/Kota Pendukung KUR diluar Pulau Jawa

Terbaik I : Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

Terbaik II : Kabupaten Bangli, Bali

Terbaik III : Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan

160