Home Milenial Bank Sumut Sumbangkan 16 Kereta Literasi

Bank Sumut Sumbangkan 16 Kereta Literasi

Medan, Gatra.com – Untuk mendukung pengembangan literasi di Sumatera Utara (Sumut), PT Bank Sumut menyumbangkan 16 unit sepeda motor literasi yang dijuluki kereta pustaka. Kereta pustaka nantinya akan disebarkan kesejumlah daerah di Sumut melalui Forum Masyarakat Literasi (Formalindo). 

Pimpinan unit CSR, PT Bank Sumut, Abdul Hamid mengatakan bahwa bantuan sepeda motor literasi tersebut merupakan salah satu dukungan Bank Sumut untuk memberikan motivasi pengembangan literasi bagi masyarakat Sumut. 

Bantuan tersebut bersumber dari dana CSR Bank Sumut tahun 2018 dan diserahkan ke sejumlah pegiat literasi di Sumut melalui Formalindo. “Pengembangan literasi dikalangan masyarakat kita itu sangat penting,” jelasnya saat menyerahkan kereta literasi di Yayasan Parulian Medan, Rabu (8/1).

Abdul Hamid menuturkan bahwa saat ini teknologi memang sudah berkembang pada dunia digital. Namun peran buku sebagai salah satu media literasi belum dapat dilepaskan. Terlebih fungsi buku sebagai media bacaan masih sangat penting.

“Untuk itu kita memberikan 16 unit kereta literasi ini. Karena kita mengharapkan budaya membaca dengan baik dapat kita tanamkan pada generasi kita. Karena budaya tersebut merupakan hal penting dalam membekali generasi yang mapan dan bijak dalam berpikir,” katanya.

Sementara itu, ketua Formalindo Sumut, H Hasban Ritonga mengatakan bahwa apa yang diberikan Bank Sumut adalah dukungan yang sangat besar. Khususnya untuk daerah – daerah yang masih belum dapat didukung dengan teknologi kekinian. 

Hasban mengatakan bahwa kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah adalah hal penting yang harus dikembangkan saat ini. 

Untuk itu semua masyarakat memiliki peran penting dalam mengembangkan literasi agar generasi kedepan dapat lebih baik lagi. “Karena ini menyangkut masa depan generasi. Kita berharap kedepan semakin banyak pihak yang mendukung pengembangan literasi,” jelasnya. 

Salah satu lembaga penerima kereta pustaka adalah yayasan Parulian Medan yang diwakili ketua yayasan, Ida Lumongga Suburian. Ida mengapresiasi dukungan Bank Sumut dalam mengembangkan dunia pendidikan di daerah Sumut. 

Dukungan tersebut diharapkan dapat berkelanjutan demi kemajuan dunia pendidikan di daerah. Bantuan yang diberikan bank Sumut saat akan digunakan sebaik-baiknya untuk kemajuan pengembangan pendidikan.

224