Home Ekonomi AS vs Iran, Harga CPO Indonesia Akan Naik di Pasar Dunia

AS vs Iran, Harga CPO Indonesia Akan Naik di Pasar Dunia

Jakarta, Gatra.com - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, ketegangan yang terjadi antara Iran dan Amerika Serikat bisa mempengaruhi ekonomi dunia. Bahkan, dikhawatirkan Indonesia akan terdampak.
 
"Kalau secara ekonomi berkaitan dengan bahan baku saja itu bisa terpengaruh. Misalnya harga crude oil yang sudah mulai bergerak naik," katanya di Jakarta, Kamis (8/1).
 
Namun, Agus menyebut, di sisi lain akan ada hal baik dari kenaikan harga crude oil dunia. Menurutnya, harga Crude Palm Oil (CPO) Indonesia akan naik di pasar dunia.
 
"Jadi ini suatu ekonomi yang mesti kita hitung. Tapi kalau untuk industri kita harus mengatakan bisa saja ada dampaknya karena keberadaan bahan baku itu pasti tergantung dari minyak bumi, turunannya kan ada nafta, gas, dan sebagainya," jelas Agus.
 
Meskipun begitu, ia berharap ketegangan antara Iran dan Amerika bisa segera terselesaikan. Pasalnya, efek ketegangan antara kedua negara ini akan menimbulkan kerugian bagi seluruh negara di dunia.
 
"Jadi untuk kepentingan masing-masing negara Amerika dan Iran, dan lebih lagi untuk kepentingan dunia, tentu harapan kami proses cooling down itu bisa dilakukan kedua negara," pungkasnya.
1295