Home Politik PDIP Siap Dukung Kerabat Jokowi Jadi Bupati Gunungkidul

PDIP Siap Dukung Kerabat Jokowi Jadi Bupati Gunungkidul

Gunungkidul, Gatra.com - PDI Perjuangan Kabupaten Gunungkidul siap mendukung Wahyu Purwanto, kerabat Presiden Joko Widodo (Jokowi), yang berniat maju di pemilihan Bupati Gunungkidul 2020. Wahyu akan diusung asalkan ia mendapat rekomendasi dari pengurus pusat PDIP. 

Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih, mengatakan selama ini Wahyu Purwanto tidak menjalin komunikasi politik dengan PDIP Gunungkidul. "Tidak ada komunikasi politik dan tidak mendaftar ke kami," kata Endah, saat dihubungi melalui telepon, Senin (13/1). 

Endah mengatakan Wahyu memang tidak mendaftar dan tak masuk dalam penjaringan bakal calon bupati oleh PDIP Gunungkidul. Namun hal itu tak menutup kemungkinan PDIP memberi dukungan ke Wahyu.

"Siapapun, meski tidak mendaftar dan tidak dijaring, kalau direkomendasikan DPP maka harga mati seluruh kader PDI Perjuangan harus mendukung," ujarnya. 

Endah mencontohkan dirinya sendiri. Saat Pilkada Gunungkidul 2015, dia mendampingi  calon bupati Djangkung Sujarwadi meski tak ikut dalam tahap penjaringan bakal calon. "Karena dulu saya juga tidak dijaring dan tidak mendaftar, tiba-tiba ada rekom dari DPP. Jadi kader harus mendukung," katanya. 

Apalagi, lanjut Endah, peta politik menjelang pemilihan bupati tahun ini amat dinamis. "Masih sangat mungkin kami berkoalisi dengan partai manapun. Seandainya tidak berkoalisi, Nasdem dan PDI Perjuangan bisa mengusung calon sendiri," katanya. 

Nasdem mendapat sembilan kursi di DPRD Gunungkidul, sedangkan PDIP memiliki kursi. Kedua partai ini memenuhi syarat untuk mengusung calon bupati-wakil bupati tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain. 

Endah melanjutkan, PDIP telah menyetorkan tujuh nama bakal calon ke DPP PDI Perjuangan. Mereka antara lain Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset DIY Bambang Wisnu Handoyo, personel militer di Kementerian Pertahanan dan Keamanan Sunaryanto, dan anggota TNI Kolonel Tugiman. 

Selain mereka, ada cucu Sri Sultan Hamengku Buwono VIII Kukuh Hertriasning, mantan Sekda Gunungkidul Supartono, kader PDIP Demas Kursiswanto, dan pengusaha media lokal Danang Ardiyanta. "Nama-nama itu sudah kami kirim ke pusat dan saat ini masih menunggu surat rekomendasi," katanya. 

Adapun Ketua DPD Partai Nasdem Gunungkidul, Suparjo, mengatakan dua nama bakal calon telah disetorkan ke DPP Nasdem, yaitu Wahyu Purwanto sebagai calon bupati dan Bahron Rasyid sebagai wakil bupati. Nasdem juga tengah melakukan penjajakan untuk koalisi. 

794

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR