Home Kesehatan Ternyata, Makanan Indonesia Lebih Sehat daripada Barat

Ternyata, Makanan Indonesia Lebih Sehat daripada Barat

Jakarta, Gatra.com - Makanan di Indonesia ternyata lebih menyehatkan dibandingkan dengan makanan barat (western food). Ahli Naturopati, Joshua S. Lie, ND, BHSc (CompMed) menjelaskan, bahwa makanan di negara-negara barat cenderung berupa junk food dengan kadar lemak yang tinggi.

"Makanan barat itu disebutnya tipikal western type of diet seperti pizza, burger, sosis. Makanan tersebut memiliki kandungan sodium yang tinggi, protein tinggi, proses makanannya tinggi dan tepung-tepungannya juga tinggi. Lalu, mereka suka mengonsumsi minuman yang berkarbonasi," ujarnya kepada wartawan usai  talk show bertajuk "Get To Know Your Body" di Conference Hall World Trade Center 3 (WTC 3), Jakarta Selatan, Jumat (17/1).

Menurut penelitian, makanan tipikal western type of diet itu tidak begitu sehat. Bahkan, bisa menyebabkan penyakit degeneratif. Sedangkan, makanan Indonesia secara general lebih sehat karena bahan-bahan yang digunakan banyak menggunakan bahan alami.

"Kita masih makan nasi beneran nasi bukan tepung. Kemudian kita juga masih makan banyak salad-saladan seperti lapapan, itu kan sayur-sayuran segar. Kita juga makan daging yang benar-benar daging sapi, ayam, telur. Cuma yang agak kurang sehat karena cara memasaknya kita suka goreng-gorengan (deep fried)," terang Joshua.

Ia melanjutkan, menentukan sehat atau tidaknya makanan juga dilihat dari proses memasaknya. Misalnya sesuatu yang digoreng akan berdampak kurang bagus. Lalu, makanan yang dibakar atau dipanggang sampai gosong menghitam akan menjadi zat karsinogen penyebab dari kanker.

"Bukan salah tempe atau pisangnya ya, karena kalau masaknya digoreng kandungannya jadi berbeda. Sejauh ini kalau dari sumber makanannya sendiri sudah bagus. Kita kan makan tomat, cabe, rempah-rempah, bawang putih, jahe, serai, itu semua bagus untuk kesehatan," imbuhnya.

 

4123