Home Internasional Penghargaan atas Kontribusi Persahabatan Jepang-Indonesia

Penghargaan atas Kontribusi Persahabatan Jepang-Indonesia

Jakarta, Gatra.com - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Iishi, menganugerahkan bintang jasa The Order Of The Raising Sun, Gold Rays untuk periode musim gugur kepada Indra Kartasasmita atas kontribusinya dalam mempererat hubungan persahabatan Indonesia dengan Jepang.

Bentuk kontribusinya tersebut yaitu, menjadi wakil ketua umum I Perhimpunan Alumni dari Jepang (PERSADA) selama 19 tahun. Menginvestasikan harta pribadinya untuk mendanai pendirian Universitas Darma Persada, bertujuan sebagai universitas yang menjebatani persahabatan Jepang dan Indonesia.

Selain itu, Indra Kartasasmita yang dahulu mejabat di PT Pertamana menjadi penanggung jawab langsung dalam persetujuan ekspor minyak ke Jepang saat terjadi krisis minyak di dunia.

Indra Kartasasmita juga berperan besar dalam penyebarkan budaya bela diri Jepang, Shorinji Kempo, dengan mendirikan Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (PERKEMI).

"Awal Februari 1966 Ginanjar dan saya memulai latihan dulu tempatnya di belakang Hotel Indonesia, saat itu hanya ada 8 murid. Setelah itu saya ke Medan, Balikpapan, Kalimantan, Bali, Sulawesi, dan sekarang sudah di 24 provinsi dengan ribuan murid, "ujar Indra Karsasmita saat menyampaikan pidatonya di kediaman Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (21/1).

Kecintaanya kepada budaya Jepang tidak lepas dari pengalamannya selama berkuliah di sana pada tahun 1960. Selama di sana, Indra melihat perilaku orang Jepang yang patut ditiru oleh rakyat Indonesia.

"Orang-orangnya itu dislipin, konsisten, tidak neko-neko, makanya negaranya maju walau dulu enggak punya apa-apa," kaa Indra.

Indra berharap hubungan Jepang dan Indonesia akan semakin dekat. Hal ini juga sejalan dengan keinginan Masafumi Iisi. Ia percaya ada generasi selanjutnya yang meneruskan eratnya hubungan Jepang dengan Indonesia.

"Pastinya nanti ada generasi selanjutnya yang seperti Indra. Membuat orang Indonesia merasakan Jepang dekat, seperti yang Indra katakan, hubungan 'dari hati ke hati'," kata Masafumi Iishi.

Reporter: FBA

 

265

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR