Home Gaya Hidup Geopark Karangsambung-Karangbolong jadi Destinasi Wisata

Geopark Karangsambung-Karangbolong jadi Destinasi Wisata

Kebumen, Gatra.com – Pemerintah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah berkomitmen untuk mengembangkan Geopark Karangsambung-Karangbolong sebagai destinasi wisata.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz mengatakan geopark bisa dikembangkan sebagai kawasan wisata berbasis edukasi, atau geowisata. Pariwisata berbasis konservasi kawasan geologi ini diharapkan bisa memicu pemberdayaan ekonomi masyarakat, terutama yang berada dalam kawasan geopark.

“Karena ini penting untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” katanya, saat dihubungi Gatra.com, Sabtu (1/2).

Menurut Yazid, pengembangan sektor pariwisata bisa menjadi opsi pemkab untuk program pengentasan kemiskinan. Pasalnya, sejumlah wilayah di Geopark Karangsambung-Karangbolong yang meliputi sejumlah kecamatan adalah kantong-kantong kemiskinan.

Usai ditetapkan menjadi Geopark Nasional pada November 2018 lalu, Yazid bahkan menginginkan agar kawasan Cagar Geologi Karangsambung-Karangbolong naik status menjadi Geopark Global yang diakui Unesco.

Yazid menjelaskan, Geopark Karangsambung-Karangbolong mencakup luasan sekitar 543 kilometer persegi, di 117 desa dan 12 kecamatan di Kebumen. Geopark ini terdiri dari situs warisan geologi dan bentang alam di kawasan Cagar Alam Geologi Nasional Karangsambung serta Kawasan Bentang Alam Karst (KBAK) Gombong Selatan.

“Itu meliputi kawasan Kebumen utara hingga Kebumen pesisi selatan,” ucapnya.

1156