Home Politik Gerindra Dukung Gibran, PDIP Solo: Silakan Saja

Gerindra Dukung Gibran, PDIP Solo: Silakan Saja

Solo, Gatra.com - Partai Gerindra Solo memberikan dukungan pada bakal calon wali kota Solo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gibran Rakabuming Raka. Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Solo, FX Hadi Rudyatmo menanggapi santai adanya dukungan ini, mengingat Gibran juga merupakan bakal calon dari partai berlambang kepala banteng.

”Silakan saja. Sah saja, deklarasi juga boleh. Lha wong dia punya partai,” ucap Rudy saat ditemui Jumat (7/2).

Namun Rudy mengakui jika hingga kini Gerindra belum berkomunikasi dengan PDIP. Rudy tidak mempermasalahkan jika Gerindra berkomunikasi langsung dengan Gibran. ”Nggak apa-apa, Mas Gibran kan juga dari PDIP,” ucapnya.

Rudy mempersilakan jika ada dukungan dari partai lain untuk bakal calon dari PDIP. Bukan hanya Gibran, dirinya mempersilakan jika ada partai yang memberikan dukungan pada Achmad Purnomo, bakal calon wali kota dari PDIP lainnya.

”Dua-duanya dari PDIP dan menurut DPP dua-duanya sah. Positif saja kalau mendukung, wong mereka (partai lain) tidak bisa mencalonkan sendiri,” ucapnya.

Sebagai informasi, untuk Pemilihan Wali Kota  (Pilwakot) Solo, hanya PDIP yang bisa mengusung calon sendiri. Sebab syarat pencalonan kepala daerah harus memiliki sembilan kursi di DPRD. Sedangkan saat ini PDIP Solo menduduki 30 kursi dewan, sisanya adalah PKS dengan lima kursi, PAN dengan tiga kursi, Golkar dengan tiga kursi, Gerindra dengan tiga kursi, dan PSI dengan satu kursi.

”PDIP kan bisa mengusung. Lha PDIP dibagi dua saja bisa kok. 15 kursi, 15 kursi,” gurau Rudy.

342