Home Politik Bapaslon Jalur Independen Bajo Serahkan Berkas ke KPU Solo

Bapaslon Jalur Independen Bajo Serahkan Berkas ke KPU Solo

Solo, Gatra.com - Bakal pasangan calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo yang mendaftar melalui jalur independen, yaitu Bagyo Wahyono- FX Supardjo (Bajo) menyerahkan berkas syarat dukungan ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo. Berkas ini sebagai prasyarat bapaslon Independen untuk maju dalam Pilkada Solo 2020 mendatang.

Dengan membawa rombongan pendukung, pasangan Bajo datang ke kantor KPU Solo pada Jumat (21/2). Rombongan datang ke KPU pada pukul 09.15 WIB. Mereka kompak datang dengan mengenakan janur kuning di lengannya. Kedatangan Bapaslon disambut Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti.

Bapaslon ini mengklaim telah berhasil mengumpulkan sebanyak 41.425 dukungan. "Dukungan kami melebihi syarat minimal yang ditentukan KPU. Kami optimis bisa (memenuhi syarat)," ucap Bagyo.

Bagyo menyampaikan bahwa sudah membuat visi dan misi untuk maju dalam Pilkada. Selama sembilan bulan terakhir pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi di masyarakat.

"Kami tidak punya apa-apa, kami hanya menginginkan perubahan. Visi misi kita sama seperti yang mereka inginkan," ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan, syarat dukungan yang diterima dari Bapaslon Bajo berupa dokumen asli hasil cetak formulir Model B2-KWK yang merupakan rekap dukungan seluruh kota yang ditempeli materai dan tanda tangan bakal pasangan calon. Selain itu dilampirkan pula rangkap asli hasil cetak formulir Model B11-KWK Perseorangan yang dicetak dari sistem informasi pencalonan (Silon) dan ditandatangani oleh bakal pasangan calon, serta satu rangkap salinan.

"Saat ini untuk dua kecamatan, Banjarsari dan Serengan sudah selesai penyusunannya sesuai urutan. Sedangkan tiga kecamatan lainnya, yaitu Jebres, Laweyan dan Pasar Kliwon sedang disusun," ucapnya.

Selain itu, KPU juga akan melihat sebaran dukungannya. "Kalau sebaran dukungan memenuhi syarat maka kami terima, kalau tidak kami meminta perbaikan sampai Minggu (23/2) pukul 24.00 WIB," ucapnya.

411