Home Internasional Wabah Corona, Pemerintah RI Segera Evakuasi 78 WNI di Jepang

Wabah Corona, Pemerintah RI Segera Evakuasi 78 WNI di Jepang

Jakarta, Gatra.com - Juru Bicara Presiden Jokowi, M. Fadjroel Rachman mengatakan Pemerintah segera melakukan Evakuasi Kemanusiaan tahap 2 terhadap WNI yang berada di Yokohama (Jepang), terkait mewabahnya virus Corona. 

“Dalam waktu dekat setelah melakukan rapat teknis dengan Kementerian/Lembaga terkait di dalam negeri dan Pemerintah Jepang khususnya di luar negeri,” kata Fadjroel dalam siaran persnya di Jakarta, Sabtu (22/2). 

Fadjroel menyebut sebelumnya, Pemerintah Indonesia sudah menorehkan kesuksesan dengan Evakuasi Kemanusiaan tahap 1 atas 238 WNI dari Propinsi Hubei RRT menuju transit observasi di Natuna. 

“Sukses juga menjalankan Gotong Royong Kemanusiaan tahap 1 yaitu mengembalikan 238 WNI dari Hubei ditambah 42 penjemput dan sejumlah kru pesawat ke 30 propinsi di Indonesia yang diterima dengan tulus ikhlas di daerahnya masing-masing dan semuanya sehat wal afiat,” katanya. 

Fadjroel mengatakan sesuai Inpres No.4/2019 evakuasi kemanusiaan dan gotong royong kemanusiaan dikoordinir oleh dua Menko yakni Polhukam dan PMK. 

Sesuai informasi dari KBRI Jepang dan Kemenlu yang berkomunikasi dan terus memantau, lanjut Fadjroel, WNI yang berada di kapal pesiar Diamond Princess berjumlah 78 orang, 74 orang dinyatakan sehat, namun 4 orang WNI yang dinyatakan positif terdampak virus Covid-19 dan sudah dirawat dengan sangat baik di rumah sakit di Jepang yang memenuhi semua protokol WHO. 

“Bapak Presiden Joko Widodo terus menerima laporan terakhir tentang keadaan WNI kita di Yokohama Jepang dan memerintahkan semua pihak di dalam negeri untuk mempersiapkan evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama (Jepang) ini sebaik mungkin,” katanya.

Termasuk, kata Fadjroel memerintahkan Kemenlu dan KBRI untuk terus memantau dan berkomunikasi dengan 78 WNI tersebut, serta menyelesaikan semua prosedur evakuasi kemanusiaan tahap 2 dari Yokohama (Jepang) ke Indonesia kepada pihak Pemerintah dan otoritas lainnya di Jepang. 

“Evakuasi Kemanusiaan dan Gotong Royong Kemanusiaan ini membuktikan bahwa Presiden Joko Widodo berhasil menumbuhkan perasaan saling percaya (trust) saling bahu membahu bergotong royong dalam menyelesaikan masalah kebangsaan, sosial, dan kemanusiaan bersama-sama,” ujarnya.

113