Home Ekonomi Kerupuk Tengiri Disukai di Australia, Kedaluwarsa Satu Tahun

Kerupuk Tengiri Disukai di Australia, Kedaluwarsa Satu Tahun

Cilacap, Gatra.com – Kerupuk Tengiri produksi Cilacap berpotensi ekspor ke Australia dan beberapa negara asia lain. Karenanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mendorong agar para pengusaha kerupuk Tengiri melakukan beberapa penyesuaian sesuai dengan standar yang diberlakukan Australia.

Kepala Bidang Promosi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Cilacap, Agung Wibowo mengatakan, salah satu kebiasaan masyarakat Australia adalah ‘ngemil’. Dan salah satu yang disukai adalah kerupuk Tengiri. “Jadi kebiasaan masyarakat sana itu memang ngemil ya. Kerupuk Tengiri itu salah satunya,” ucapnya.

Namun begitu, untuk sampai ke tahap ekspor, beberapa perbaikan tata kelola mesti dilakukan. Salah satunya yakni berkaitan dengan daya simpan atau waktu kadaluwarsa kerupuk Tengiri yang masih terbilang pendek.

Hingga saat ini, berdasar uji coba yang telah dilakukan, kerupuk Tengiri Cilacap hanya memiliki waktu simpan sekitar tiga bulan. Lebih dari waktu itu, kerupuk sudah tidak lagi renyah. “Jadi di sana (pengimpor di Australia) menginginkan agar daya simpannya, expirednya itu bisa sampai satu tahun,” ungkapnya.

Dia mengakui, salah satu kendala produksi kerupuk Tengiri adalah pada proses pengurangan kadar minyak usai proses penggorengan. Menurut dia, spinner atau alat pengurang minyak yang beredar di pasaran masih belum bisa menjadi solusi.

Dia menjelaskan, kadar minyak yang terlalu banyak di dalam kerupuk Tengiri bisa menyebabkan menurunnya kualitas kerupuk dalam penyimpanan jangka panjang. Bau kerupuk tidak lagi segar, melainkan berubah menjadi tengik. “Kalau diputar terlalu kencang kerupuknya itu pecah. Bentuknya tidak bagus lagi. Kalau kurang kencang minyaknya masih banyak. Disimpan lama bisa tengik,” ujarnya.

Sebab itu, Pemkab sedang mencari teknologi yang bisa menjadi soluasi pengurangan kadar minyak, tanpa merusak performa kerupuk Tengiri. Dengan begitu, cita rasa kerupuk Tengiri khas Cilacap tetap akan terjaga.

1066