Home Kesehatan Indonesia Positif Corona, Riza: Sikapi secara Baik dan Bijak

Indonesia Positif Corona, Riza: Sikapi secara Baik dan Bijak

Jakarta, Gatra.com - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Ahmad Riza Patria, mengatakan, sudah adanya warga Indonesia yang posotif terkena Corona Virus Disease (Covid-19) harus disikapi secara baik dan bijak. Pemerintah perlu mengkaji mendalam soal pembatasan keluar masuknya warga negara. 

"Jadi corona ini perlu disikapi secara baik, bijak, cermat, teliti, dan perlu hati-hati. Karena dibanyak negara korbannya sudah banyak sekali," ujar Riza saat dimintai keterangan di gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (2/3).

"Ya, jadi masalah corona, ini masalah yang sangat kompleks, berat yah. Di satu sisi kita harus melakukan preventif, pencegahan yang luar biasa, membatasi keluar masuk warga negara kita dan warga negara lainnya," ujarnya.

Menurut Riza, pembatasan warga negara asing maupun Indonesia untuk datang dan pergi keluar mesti dilakukan kajian, seperti yang dilakukan oleh Arab Saudi yang membatasi umrah.

"Seperti Arab Saudi sudah memberikan batasan, menghentikan umrah sementara. Ini perlu kita pelajari, ini berdampak bagi seluruh warga bangsa, khususnya kaum muslimin, apalagi yang sudah bayar niat umrah," ungkapnya.

Lebih lanjut, soal hubungan dagang, kata Riza, Indonesia juga punya hubungan dengan banyak negara termasuk Cina. Untuk itu, pemerintah perlu memastikan soal pembatasan yang dilakukan tidak berbalik menjadi kerugian, namun perlu juga mencegah virus untuk menyebar lebih jauh.

"Di sisi lain kita juga punya hubungan dagang dengan banyak negara di dunia, termasuk dengan Cina. Nah, ini perlu kita diskusikan bagaimana caranya, sekalipun yang bergerak barang, juga tidak mudah, barang saja semua disterilisasi, apalagi orang," kata Riza. 

57