Home Kesehatan Jokowi Apresiasi Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Corona

Jokowi Apresiasi Kepercayaan Publik Dalam Penanganan Corona

Jakarta, Gatra.com - Presiden Joko Widodo mengapresiasi atas kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran wabah virus korona (covid-19) di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Juru bicara Presiden Fadjroel Rachman.

Untuk diketahui, hasil pooling Litbang Kompas yang diselenggarakan pada 3-4 Maret 2020 dengan 552 responden menunjukkan bahwa lebih dari 50% responden berpendapat bahwa pemerintah sudah baik dalam menjalankan komunikasi dengan beberapa negara dalam menangani virus korona. Hal ini ditunjukkan dengan persentase sebesar 58,5% dari seluruh responden.

Di samping itu, lebih dari 75% responden mengetahui tindakan yang perlu dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah persebaran virus korona, seperti menutup akses mobilitas penduduk atau warga negara asing (82,6%) dan satuan tugas antar kementerian (78,8%). Hasil polling juga menunjukkan bahwa 84,2% responden yakin terhadap kinerja pemerintah dalam mengatasi persebaran virus korona.

Berdasarkan hasil survey menunjukkan bahwa sebagian besar responden mengatakan pemerintah sudah memadai dalam upaya penanganan virus corona.

Hal tersebut ditunjukkan dengan persentase mengenai antisipasi masuknya virus corona di Indonesia sesuai standar WHO (49,8%), sosialisasi kepada masyarakat mengenai antisipasi persebaran virus corona (49,5%), penanganan WNI yang terinfeksi Covid-19 (66,1%), antisipasi persebaran virus korona tempat perlintasan antarnegara (52,5%) dan penyediaan fasilitas kesehatan untuk antisipasi virus korona (48,4%).

Sedangkan sikap responden dalam menanggapi isu bertambahnya WNI yang terinfeksi Covid-19 menunjukkan bahwa sebanyak 67,9% responden khawatir terhadap persebaran virus korona.

Menurut Fadjroel, hasil tersebut merepresentasikan bahwa masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap kinerja pemerintah dalam upaya melindungi masyarakat dari sebaran virus corona.

"Merujuk pada persentase hasil survei mengenai sosialisasi kepada masyarakat lebih dari 49,5%, antisipasi persebaran virus korona di fasilitas umum lebih dari 52,5 %, antisipasi masuknya virus corona di Indonesia 49,8% dan penyediaan fasilitas kesehatan yang menunjukkan lebih dari 48,4% responden mengatakan sudah memadai," katanya pada keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Selasa (10/3).

Maka dari itu, kata Fadjroel, Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa pemerintah akan bekerja sekeras-kerasnya untuk menjaga dan melindungi masyarakat dari wabah virus korona ini. "Kepala Negara sekaligus mengimbau solidaritas sosial masyarakat untuk bersama mengatasi hal itu," ujarnya.

312