Home Teknologi Profesor ini Klaim Corona dari Meteor yang Jatuh di Cina

Profesor ini Klaim Corona dari Meteor yang Jatuh di Cina

Buckingham, Gatra.com - Seorang ilmuwan meyakini coronavirus datang dari luar angkasa oleh meteor, dan angin sedang menyebarkan penyakit ini ke negara-negara yang paling terpukul. Profesor Chandra Wickramasinghe dari Buckingham Center for Astrobiology menuduh bahwa meteor yang meledak di Cina pada 11 Oktober 2019 melepaskan partikel virus.

"Setelah berada di stratosfer atas, virus itu jatuh ke bumi atau terperangkap dalam arus udara stratosfer yang mengelilingi bumi," katanya kepada MailOnline, 12/3.

"Dari sini, virus telah menyebar di sepanjang 'pita global antara 40-60 ° lintang utara', dengan semua 'kasus kuat utama' muncul 'persis di sepanjang rentang itu'," katanya.

"Wabah tiba-tiba dari coronavirus baru sangat mungkin memiliki koneksi ruang angkasa," kata Profesor Wickramasinghe kepada The Express pada bulan Februari.

Ahli astrobiologi adalah pendukung 'panspermia' - teori bahwa kehidupan diunggulkan melintasi alam semesta dengan bepergian menggunakan meteor, komet, dan debu ruang angkasa.

Sebuah meteor berwujud bola api menyala melintasi langit di timur laut Cina sekitar pukul 12:16 pada 11 Oktober 2019. Batu luar angkasa - yang dilaporkan bersinar sangat terang sehingga membuat langit malam terlihat terang seperti siang  - diperkirakan telah hancur di atmosfer.

“Kami mempertimbangkan kemungkinan yang tampaknya keterlaluan bahwa ratusan trilyunan partikel virus infektif kemudian dilepaskan tertanam dalam bentuk debu karbon halus,” tambahnya.

Untuk mendukung teori tersebut, ia menyoroti 'aspek luar biasa' bahwa wabah koronavirus terjadi di wilayah yang sama dengan Cina di mana bola api terlihat.

Dia menambahkan bahwa dia berpikir bahwa meteor 'berisi, tertanam di dalamnya, monokultur partikel virus infektif 2019-nCoV yang bertahan di bagian dalam meteor pijar.'

"Kami percaya agen infeksi lazim di ruang angkasa, dibawa dengan komet, dan dapat jatuh ke bumi melalui troposfer. Kami pikir, ini dapat dan telah terjadi di masa lalu untuk membawa epidemi penyakit manusia," katanya.

MailOnline bertanya kepada Profesor Wickramasinghe apakah korelasi penampakan meteor tunggal dengan wabah virus. "Saya kira, ini koneksi yang menarik untuk dicatat, tetapi tentu saja itu tidak membuktikan bahwa itulah yang terjadi," Profesor Wickramasinghe mengakui.

Para ahli penyakit menular telah membantah klaim Profesor Wickramasinghe, namun, mencatat bahwa COVID-19 mirip dengan coronavirus lain yang diketahui. Mereka menjelaskan, akan menyarankan bahwa itu juga ditransmisikan ke manusia dari hewan - bukan dari jatuhnya meteorit baru-baru ini.

"Bukti paling meyakinkan bahwa SARS-CoV-2 tidak berasal dari meteorit adalah bahwa itu sangat erat kaitannya dengan coronavirus lain yang diketahui," kata spesialis penyakit menular Dominic Sparkes dari University College London kepada IFLScience.

"Ini terkait erat dengan virus SARS (sindrom pernafasan akut akut) yang menyebabkan wabah pada awal 2000-an dan virus MERS (sindrom pernapasan Timur Tengah) yang masih menyebabkan penyakit saat ini," tambahnya.

"SARS ditemukan sebagai hasil dari kelelawar yang memindahkan virus ke musang yang dipindahkan ke manusia, sementara MERS diketahui ditularkan ke manusia dari unta," katanya.

"Karena itu jauh lebih baik untuk berasumsi bahwa virus SARS-CoV-2 yang terkait erat telah ditularkan ke manusia dengan cara yang sama," tegasnya. Para ahli juga sebelumnya mencatat bahwa coronavirus tidak disebarkan oleh angin.

Profesor Wickramasinghe, bagaimanapun, telah menolak argumen-argumen ini, menunjukkan bahwa kesamaan dari urutan coronavirus pada manusia dan hewan seperti kelelawar adalah 'sangat dipertanyakan' dan 'perlu dianalisis ulang'.

3609