Home Kebencanaan Perkatri Hibahkan Alat Uji PCR Berteknologi Robotik ke BNPB

Perkatri Hibahkan Alat Uji PCR Berteknologi Robotik ke BNPB

Jakarta, Gatra.com -  Perkumpulan Keluarga Trisakti (Perkatri) bekerja sama dengan PT. Kinglab Indonesia menghibahkan satu set unit PCR GeneReach Biotechnology dan Reagent kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. 

Sekjen Perkatri, Saut Mangatas Sinaga, mengatakan PCR tersebut memiliki teknologi terbaik yang dibuat oleh GeneReach Biotechnology Corp, yang dapat bekerja secara otomatis, efektif dan efisien serta berbasis real time. 

Saut mengatakan penyerahan hibah PCR beserta reagennya yang bernilai lebih Rp 1 Miliar itu. 

“Diharapkan dalam pemeriksaan PCR dapat diperoleh hasil yang lebih cepat, tepat, akurat dan pengerjaanya lebih mudah tanpa terbatasi oleh kurangnya tenaga ahli, yang khusus mengoperasikan PCR, selain hasil test swab Covid-19 sudah didapatkan dalam waktu 85 menit,” kata Saut dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (15/5).

Saut menyerahkan PCR itu secara simbolis didampingi tiga perwakilan lainnya masing-masing Andri Yusana, Maria, dan Yusup Pratomo dan diterima langsung Kepala BNPB/Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo, di Graha BNPB Jakarta. 

Rencananya peralatan tersebut akan digunakan di Bandara selama masa pandemi Covid-19.

"Alat tersebut bekerja dengan robotik sehingga keamanan tenaga kesehatan dapat lebih terjamin, dikarenakan kontak dengan sampel Covid-19 akan lebih singkat," katanya.

Saut berharap melalui penyerahan hibah ini dapat memberikan motivasi, serta mendorong organisasi-organisasi perguruan tinggi lain untuk ikut andil dalam membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pockit Central (PCR) ini buatan Taiwan, yang memiliki kantor cabang di Amerika Serikat. Alat ini diyakini salah satu kunci keberhasilan negara Taiwan dalam penanganan Covid-19 lebih cepat. 

PCR ini juga merupakan alat yang dihibahkan oleh WHO kepada sejumlah negara yang memiliki keterbatasan tenaga ahli PCR, karena pengoperasiannya sangat mudah dan aman tidak perlu menggunakan BSL 2 melainkan cukup dengan BSC 2. 

Pockit Central PCR ini juga sudah digunakan di sejumlah daerah di Indonesia.
 

917

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR