Home Kebencanaan Mantan Ajudan Fattah Bongkar Penyebab Wabup Sofia Wafat

Mantan Ajudan Fattah Bongkar Penyebab Wabup Sofia Wafat

Batanghari, Gatra.com - Mantan ajudan pribadi H Abdul Fattah bernama Fauzan Abdillah membongkar penyebab wafatnya Wakil Bupati Batanghari Sofia Joesoef. Ketua DPD PAN Batanghari wafat pada usia 67 tahun.
 
"Setelah almarhumah wafat pukul 23.50 WIB, Senin 25 Mei 2020, hasil diagnosa dokter penyakit jantung. Sebab dalam jantung mendiang sudah berair," kata Fauzan dikonfirmasi Gatra.com, Selasa petang (26/5).
 
Fauzan berujar sebelum wafat, Wabup Sofia telah menjalani rapid test dengan hasil negatif. Pagi harinya, mendiang mengalami sakit perut dan demam karena ada bengkak pada bagian tangan kanan.
 
"Almarhum Abdul Fattah sebelum wafat juga mengalami gejala sakit perut," ucapnya.
 
 
Mendiang Sofia sempat menjalani perawatan medis selama 60 menit di IGD salah satu rumah sakit swasta di Kota Jambi. Ia masuk IGD sekira pukul 11 malam dari rumah pribadi kawasan Kota Baru Jambi.
 
"Beberapa hari sebelum wafat, mendiang sempat mengumpulkan anak-anak dan mengeluh sakit, meriang dan perut sakit," ujarnya.
 
Pada lebaran pertama, kata Fauzan, sekira pukul 3 sore dia dan istri silaturrahmi ke rumah. Ketika itu mendiang masih sadar. Saat itu, ia berucap mau istirahat dan mempersilakan duduk.
 
"Tapi kelihatan Ibu sangat lemas. Kami bujuk ke rumah sakit tidak mau karena beliau melihat situasi saat ini. Akhirnya jam 11 malam, mendiang mau ke rumah sakit," ujarnya.
 
Menurut Fauzan, mendiang Sofia tidak ada meninggalkan wasiat. Tapi satu bulan sebelumnya, mendiang panggil anak-anak 'nanti kalau mama meninggal ini kain kafannya dan ini kain batik panjang'.
 
"Dari dulu kain kafan memang telah disiapkan mendiang. Tapi sebulan terakhir kafan disiapkan pada tempat khusus. Itu sepengetahuan saya," ucapnya.
 
Mendiang Sofia juga berpesan dengan asisten rumah tangga lokasi khusus penyimpanan kain kafan jika ia wafat. Sofia juga bercerita sangat rindu dengan mendiang suaminya H Abdul Fattah sampai terbawa mimpi. 
 
"Ucapan itu disampaikan tiga hari sebelum wafat. Kalau firasat tidak ada, tapi kami terkejut karena sebelumnya kondisi mendiang sehat-sehat saja. Semasa hidup Ibu juga sempat pasang ring jantung sekira dua tahun lalu," katanya.
 
 
Pemakaman mendiang Wabup Sofia Joesoef berlangsung selepas salat Zuhur. Ia dimakamkan persis disamping makam suami tercinta. Sebelum berangkat menuju pemakaman, jenazah disalatkan di Masjid Durian Luncuk. 
 
"Penghormatan terakhir digelar oleh Purna Praja," ucapnya.
 
Fauzan berkata sejumlah rekan mendiang sesama Wakil Bupati juga hadir di rumah duka Kota Jambi. Di antaranya, Wabup Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Wabup Tanjung Jabung Barat, Amir Sakib dan Wabup Tanjung Jabung Timur Robby Nahliyansyah.
 
"Gubernur Jambi Fachrori Umar, Mantan Gubernur Jambi HBA dan Bupati Sarolangun Cek Endra juga terlihat hadir. Terlihat juga jajaran Gugus Tugas hadir, Danrem, Dandim dan Kasdim juga terlihat hadir," ujarnya.
14531