Home Kebencanaan Sumbar Perpanjang PSBB, Tiga Daerah Transisi Normal Baru

Sumbar Perpanjang PSBB, Tiga Daerah Transisi Normal Baru

Padang, Gatra.com - Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatra Barat (Sumbar) akan berakhir besok, 29 Mei 2020. Namun pemerintah setempat telah memutuskan memperpanjang masa PSBB tahap ke III, hingga 7 Juni 2020 nanti.
 
Perpanjangan PSBB itu diputuskan dalam rapat secara daring, Gubernur Sumbar dengan bupati dan wali kota se-Sumbar, Kamis (28/5) terkait status PSBB. Setelah penerapan PSBB tahap III nanti, seluruh wilayah Sumbar akan menerapkan tatanan kehidupan Normal Baru.
 
"Setelah dirapatkan dengan bapak bupati dan wali kota se-Sumbar, disepakati perpanjangan PSBB tahap III dari 30 Mei hingga 7 Juni 2020," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di Padang, Kamis (28/5).
 
Kendati begitu, ada tiga daerah dari 19 kabupaten dan kota, meminta adanya kelonggaran PSBB tahap III untuk mulai menerapkan kenormalan baru (new normal) secara bertahap. Tiga daerah itu, Bukittinggi, Padang Panjang, dan Pesisir Selatan. Ketiganya sedang masa transisi PSBB ke Normal Baru.
 
Menurut Irwan, ketiga daerah tersebut meminta kelonggaran dimasa transisi, dengan membuka kembali pelayanan publik, pasar tradisional, masjid, sekolah dan lainnya. Meskipun begitu, penerapan semi Normal Baru di ketiga daerah itu tetap harus sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
 
"Walaupun seluruh aktivitas akan dinormalkan kembali secara berangsur-angsur, namun saya selaku Gubernur meminta tetap sesuai protap Covid-19 di tengah masyarakat," imbuh Irwan.
628