Home Olahraga Liga 1 di Tengah Pandemi, PSS Ingin Penonton Tetap Hadir

Liga 1 di Tengah Pandemi, PSS Ingin Penonton Tetap Hadir

Sleman, Gatra.com – Kompetisi sepak bola Liga 1 2020 diusulkan berlanjut pada September 2020. Klub PSS Sleman pun menyambut baik usul itu dan berharap pertandingan dihadiri penonton.

Direktur PT Putra Sleman Sembada (PSS) Hempri Suyatna mengatakan PSS akan mengikuti keputusan resmi PSSI soal nasib Liga 1 2020. “Kalau memang nanti diputuskan lanjut, ya kami akan ikuti arahan dari federasi,” kata Hempri saat dihubungi, Rabu (3/6).

Hempri menyatakan, saat berlanjut, kompetisi harus menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Protokol ini termasuk pengaturan jadwal tanding dan boleh tidaknya penonton hadir di stadion. “Harapan sih tetap ada penonton biar atmosfer pertandingan tetap terasa,” katanya.

Namun, Menurut Hempri, kehadiran penonton itu juga mempertimbangkan perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia pada September mendatang. “Jadi nanti tergantung situasi dan kondisi. Kalau memang boleh dihadiri penonton bagaimana skenarionya dan ketika tanpa penonton detail petunjuknya seperti apa,” ucapnya.

Hempri menyebut keselamatan dan keamanan setiap orang di stadion, seperti pemain, pelatih, dan penonton menjadi hal utama. “Tentunya itu harus menjadi prioritas dan nomor satu,” katanya.

PSSI telah menggelar rapat daring bersama klub-klub Liga 1 dan Liga 2 musim 2020. Kompetisi pun diwacanakan dilanjutkan pada September 2020 mendatang. Namun demikian rapat itu belum mengambil keputusan.

Salah satu klub kontestan Liga 2 2020, PSIM Yogyakarta, bahkan berharap dampak Covid-19 pada klub juga mendapat perhatian ketika Liga 2 berlanjut. “Harapannya ada solusi mengenai rasionalisasi untuk subsidi dan aturan kontrak pemain,” kata Manajer PSIM David MP Huaturuk.

 

183