Home Teknologi Undip Buat Robot Bantu Tenaga Medis Rawat Pasien Covid-19

Undip Buat Robot Bantu Tenaga Medis Rawat Pasien Covid-19

Semarang, Gatra.com - Universitas Diponegoro (Undip) Semarang membuat robot untuk membantu tenaga medis dalam merawat pasien Covid-19. Robot tersebut memiliki kemampuan mengantarkan kebutuhan pasien, melakukan pengecekan dan komunikasi visual dengan pasien

Pembuatan robot ini dilakukan Fakultas Kedokteran (FK), Rumah Sakit Nasional (RSN) Diponegoro dan Pusat Unggulan Iptek Perguruan Tinggi (PUI-PT) Teknologi Kesehatan Center for Bio Mechanics, Bio Material, Bio Mechatronics, and Bio Signal Processing (CBIOM3S).

Menurut salah satu anggota tim yang juga Ketua PUI-PT Teknologi Kesehatan CBIOM3S, Dr. Rifky Ismail ST, MT, adanya robot ini dapat mengurangi kontak antara tenaga medis, dokter dan perawat dengan pasien Covid-19.

“Sehingga bisa mengurangi kemungkinan penularan virus kepada tenaga medis,” katanya seusai uji cobo robot di RSN Diponegoro komplek kampus Undip Semarang, Senin (22/6).

Baca jugaPandemi Covid-19, Undip Siapkan Robot Pengganti Wisudawan

Lebih lanjut Rifky menyatakan, robot mempunyai fungsi untuk mengantar obat, makanan dan keperluan lainnya ke pasien, serta komunikasi antara pasien dan perawat.

Di samping itu, robot juga bisa sebagai sarana untuk komunikasi video call antara pasien dengan keluarga menggunakan aplikasi dan membantu perawat dan dokter memeriksa pasien.

Oleh karenya, robot dilengkapi dengan rak untuk membawa makanan, minuman, obat dan pakaian serta keperluan lainnya kepada pasien yang sedang dirawat di ruangan.

Robot juga dilengkapi dengan monitor dan kamera untuk komunikasi dua arah antara pasien dengan perawat atau dokter, serta bilik disinfektan untuk membersihkan robot pasca penggunaan.

“Ukuran robot 140 cm x 50 cm x 60 cm dengan body berbahan akrilik dan dengan penggerak dua motor sumber tenaga baterai yang dapat dicharge serta dilengapi teknologi wireless control,” ujar Rifky.

Tim pembuat robot beranggotakan, Rifky serta dr. Andreas Arie, SpPD-KKV, dr. Hari Peni Julianti MKes SpKFR, Dr. dr. Hermina Sukmaningtyas MKes SpRad-K, dan Rofiq C Prayoga, ST.

Sementara dalam uji coba, robot diperintahkan berjalan ke ruangan pasien Covid-19 yang sedang dirawat dengan membawa sejumlah kebutuhan pasien, seperti obat dan makanan.

Pasien kemudian mengambil barang tersebt, sedangkan perawat memantau dan berkomunikasi dengan pasien lewat monitor yang ada di robot.

Uji coba robot dihadiri Direktur Utama RSN Diponegoro, Dr. dr. Sutopo Patria Jati, Dekan Fakultas Kedokteran Undip Dr. dr. Dwi Pudjonarko, MKes, dan sejumlah pejabat di jajaran Undip.

Sutopo Patria Jati mengapresiasi pembuatan robot untuk membantu tenaga medis yang merawat pasein Covid-19 agar tidak terpapar virus tersebut. “Kami berharap robot ini bermanfaat bagi tenaga medis dan masyarakat,” ujar dia.

Sementara pelaksana tugas (Plt) Wakil Rektor III (Bidang Komunikasi dan Bisnis) Undip, Dwi Cahyo Utomo SE, MA, PhD menyatakan di tengah pandemi Covid-19 dan menuju era new normal perlu menciptakan inovasi baru.

466