Home Politik Pengamat: Koalisi Ikut Kebijakan PDIP Dukung Presiden Jokowi

Pengamat: Koalisi Ikut Kebijakan PDIP Dukung Presiden Jokowi

Jakarta, Gatra.com - Peniliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro menyebut sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang mendukung penuh kebijakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam menghadapi pandemi Covid-19, sebaiknya diikuti oleh parpol pendukung lainnya dalam koalisi.

Di antara kebijakan yang diambil Presiden Jokowi mengatasi Covid-19, adalah mengucurkan stimulus ekonomi untuk rakyat. Presiden bahkan akan mengevaluasi jajaran menteri di Kabinet Indonesia Maju yang dianggap lamban dalam bekerja.  

"Ya bagus (sikap PDIP). Berarti partai pendukung mendukung beneran. Paling tidak partai menyediakan orang yang kompeten untuk posisi menteri," kata Siti, Minggu (5/7).

Siti menilai, adanya teguran Jokowi kepada jajaran menterinya pada rapat kabinet lalu bisa saja berujung pada reshuffle kabinet. Reshuffle kabinet dapat menjadi suatu keniscayaan jika melihat kecenderungan Presiden ingin memenuhi harapan masyarakat selama ini.

"Jokowi sudah tahu rakyat tidak puas pada pemerintah. Rakyat bahkan sedang mempertanyakan apa kerja pemerintah sekarang. Ini sudah periode kedua, jadi Presiden tidak perlu pakewuh (merasa sungkan)," kata Siti.

Menyikapi pada sikap PDIP yang mendukung penuh kebijakan Presiden Jokowo, termasuk dalam hal evaluasi menteri, Siti menyebut parpol pendukung pemerintah juga harus rela jika nantinya ada kadernya di kabinet dievaluasi kinerjanya.

"Harusnya parpol lain menyahuti. Bila ada parpol yang jatah menterinya dikurangi, ya parpol harus terima," katanya.

"Artinya, bagus kalau partai punya stok kader ahli di bidangnya. Tak hanya soal kesehatan dan sosial ekonomi, tapi juga pendidikan, itu penting direkrut orang yang tepat. Jangan uji coba lagi, lah. Waktunya terlalu pendek untuk trial and error," ujar Siti.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyatakan partainya siap pasang badan untuk Presiden Joko Widodo dalam menangani pandemi virus corona (Covid-19). Hal serupa juga akan dilakukan PDIP dalam menghadapi kelompok tertentu yang terus melakukan provokasi, memancing di air keruh, dan mengganggu ketentraman masyarakat.

"Kami berikan dukungan penuh dan siap pasang badan bagi Presiden Jokowi di dalam penanganan Covid-19," kata Hasto di Jakarta, pekan lalu.

105

KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR